ANALISIS BOK DAN NILAI WAKTU PERJALANAN PADA JALAN SENGEDA TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

Khuzairi Khuzairi, Gustina Fitri, Irham Irham

Sari


ABSTRAK

Jalan   Sengeda   Takengon   merupakan   jalan   yang   berada   dalam   pusat   kota   yang

menghubungkan berbagai pusat starategis seperti jalan keluar masuk pusat perbelanjaan, kantor, sekolah, dan lain sebagainya. Sehingga di waktu-waktu tertentu sering terjadi kemacetan dikarenakan hambatan samping yang mengakibatkan besarnya Biaya Oprasiaonl Kendaraan (BOK) dan terhambatnya waktu perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Biaya Operasional kendaraan dan Nilai Waktu Perjalanan kendaraan pribadi pada ruas tersebut, sehingga dapat diketahui perbandingan manfaat BOK dan Nilai Waktu Perjalanan. Metode yang digunakan untuk menganalisis Biaya Operasional Kendaraan adalah dengan metode Pacific Consultant International (PCI) dan Nilai Waktu Perjalanan menggunakan  metode Running Speed Approach.  Dari hasil  perhitungan diperoleh total BOK rata-rata Jalan Sengeda saat jam sibuk, yaitu untuk mobil penumpang sebesar Rp.

10.302 lebih kecil dari pada total BOK rata-rata Jalan Sengeda saat jam tidak sibuk, yaitu untuk mobil penumpang Rp. 10.520. Untuk nilai waktu rata-rata mobil penumpang pada Jalan Sengeda saat jam sibuk yaitu Rp. 52.470 lebih besar dari nilai waktu rata-rata mobil penumpang pada Jalan Sengeda saat jam tidak sibuk yaitu Rp. 50.796. Dari perbandingan dapat diketahui bahwa selisih BOK dan nilai waktu tidak terlalu jauh pada Jalan Sengeda antara jam sibuk dan tidak sibuk, tetapi harus ditertibkan hambatan sampingnya agar tidak terjadi kemacetan yang berpengaruh terhadap besaran BOK dan Nilai Waktu Perjalanan.

 

Kata Kunci: Biaya Operasional, Nilai Waktu Perjalanan,  Running Speed Approach, PCI


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2000, Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan, Pacifik Consultant

International (PCI).

Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Anonim, 2010, Perencanaan Lalu Lintas dan Ekonomi Transportasi, Badan Asosiasi

Sertifikasi Pusat HPJI, Jakarta

Bukhari R.A & Sofyan, M.S 2002, Rekayasa Lalu Lintas I, Universitas Syiah Kuala, Banda

Aceh.

Departemen Pekerjaan Umum, 2005, (a) Pedoman Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan, Puslitbang Prasarana Transportasi, Jakarta.

Ikhsan, T. 2015, Kajian Manfaat Pembangunan Jalan Alternatif Berdasarkan Analisa Consumer Surplus dalam Ekonomi Transportasi (Studi Kasus Ruas Jalan Banda Aceh–Krueng Raya–Laweung-Sigli. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Nazariani, T. 2015, Penaksiaran Nilai Waktu Perjalanan Untuk Kendaraan Pribadi (Studi Kasus Jalan Teuku Umar Banda Aceh). Tesis, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 248/KPRT/M/ 2015 tentang Penetapan Ruas Jalan dalam Jaringan Jalan Primer.

Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006 tentang jalan.

Peraturan Menteri PU No. 02/PRT/M/2012 tentang jaringan jalan.

Rogers, Kennech C, 1975, The Use of behaioural Model for Deriving Values of Travel Time

: The State of The Art, D.C Health and Company, Canada.

Suryaningsih, I G.A, 2010, Kajian Ekonomi Relokasi Jalan dan Jembatan Pada Ruas Jalan

Tabanan – Antosari, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar. Tamin, O.Z, 2008, Perencanaan, Permodelan dan Rekayasa Transportasi, Penerbit ITB,

Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)