PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI ABU CANGKANG KELAPA SAWIT TERHADAP STABILITAS TANAH LEMPUNG

Ichwan Seprizal, Miswar Miswar, Muhammad Reza

Sari


ABSTRAK

Tanah sangat penting perannya dalam sebuah kontruksi, yaitu kontruksi bangunan gedung, jalan, jembatan, bendungan dan kontruksi lainnya, tanah kohesif adalah tanah yang mempunyai sifat lekatan antar butir-butirannya contohnya tanah lempung. Tanah lempung merupakan salah satu tanah yang mempunyai sifat yang kurang baik, jenis tanah ini mempunyai daya dukung yang rendah, sifat kembang susut yang besar, untuk meningkatkan daya dukung tanah lempung maka dilakukan pencampuran menggunakan abu cangkang kelapa sawit, dengan variasi yang di gunakan 0%, 5,5%, 6%, 6,5% dan 7%. kemudian dilakukan pengujian sifat fisis dan mekanis tanah dengan metode SNI. Dalam penelitian ini tanah diklasifikasikan dengan sistem AASHTO dengan PI 10,71% dan LL 56,60% maka tanah tersebut kelompok A-7-5(12). Penambahan abu cangkang kelapa sawit terhadap tanah lempung juga dapat meningkatkan nilai CBR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan nilai CBR seiring penambahan variasi nya. Nilai CBR tanah asli unsoaked 7,1%. Pada variasi 5,5% meningkat menjadi 8,9%. Pada variasi 6% meningkat menjadi 15%. Pada variasi 6,5% meningkat menjadi 16,3% dan pada variasi 7% meningkat menjadi 16,9%.

 

Kata Kunci : Tanah, Abu Cangkang Kelapa Sawit, CBR, Stabilisasi, Variasi

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AASHTO. 1989. (American Asscociation of State Highway and trasnsportation Official classification) sistem klasifikasi tanah

ASTM. 2001. (American Standard Testing and Material),

Bowles. 1989. Karakteristik Fisik Tanah Lempung

Braja M. Das. 1985. Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid-1, Jakarta: Erlangga,

Hardiyatmo, Hary Christady. 2002. Mekanika Tanah I. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta (mekanika Tanah), Jakarta: Erlangga,.

Jupriah Sarifah. Bangun Pasaribu. “Pengaruh penggunaan abu cangkang kelapa sawit guna meningkatkan stabilitas tanah lempung” (http://jurnal.uisu.acc.id/index.php/but/article/download/263/277). Diakses pada tanggal 31/12/2021

Supardin. 2012. Penuntun Dan Lembar Kerja Praktikum Pengujian Tanah. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe: Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)