PEMODELAN BANGKITAN PERGERAKAN LALU LINTAS PADA KOMPLEK PERUMAHAN KEUPULA INDAH KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

Angela Prastica, Syarwan Syarwan, Bakhtiar A

Sari


ABSTRAK

Studi bangkitan perjalanan berguna untuk memperkirakan jumlah perjalanan yang dilakukan oleh penduduk yang tinggal disuatu zona baik untuk saat ini maupun untuk perkiraan beberapa tahun yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bangkitan pergerakan lalu lintas dan untuk mendapatkan bagaimana model bangkitan perjalanan yang paling tepat untuk zona komplek perumahan Keupula Indah. Adapun metode yang digunakan yaitu melakukan survei data berdasarkan variabel jumlah anggota keluarga, pendapatan rata-rata per satuan waktu/bulan, tipe bangunan rumah, jumlah anggota keluarga yang bekerja, jumlah anggota keluarga yang sekolah, jumlah anggota keluarga yang tidak bekerja dan jumlah kendaraan yang dimiliki. Metode analisis data yang digunakan metode analisis regresi linier berganda dengan uji F (simultan) dan uji-t (parsial/individu) dengan menggunakan program Statistic Program for Special Science (SPSS) dengan tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil persamaan analisis regresi linear berganda diperoleh model bangkitan perjalanan yaitu Y = 0,284 + 1,005 X4 + 1,287 X5 + 1,070 X6 + 0,354 X7. Pada uji T mempunyai nilai signifikan < 0,05 yang artinya semua variabel berpengaruh dan pada uji F diperoleh pengaruh sebesar 81,629. Jadi, variabel yang berpengaruh terhadap bangkitan pergerakan adalah jumlah anggota keluarga yang bekerja, jumlah anggota keluarga yang bersekolah, jumlah anggota keluarga yang tidak bekerja dan jumlah kendaraan yang dimiliki menghasilkan jumlah pergerakan sebesar 779 pergerakan/hari.

 

Kata kunci: model bangkitan perjalanan, perumahan, regresi linear berganda, transportasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adri, M.R.R. 2014. Permodelan Bangkitan Pergerakan Lalu Lintas Mahasiswa Pada Zona Pendidikan Akademi Keperawatan Di Kota Makassar. Tugas Akhir. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Miro, F. 2005. Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Puspito, N.D. 2016. Model Bangkitan Pergerakan di Kawasan Perumahan Bengkuring Samarinda. Jurnal. Samarinda: Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Rahmadani, F. 2015. Analisa Permodelan Bangkitan Pergerakan Lalu Lintas pada Tata Guna Lahan SMP di Kota Padang. Jurnal. Padang: Universitas Bung Hatta.

Rais, R., dkk. 2019. Model Bangkitan Perjalanan Komuter Pinggiran Kota Makassar (Studi Kasus Perumahan Tirasa Pratama Indah Kota Makassar). Jurnal. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ITB

Tamin, O.Z. 2002. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung: ITB.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)