PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KOPI DAN AGREGAT HALUS ENDAPAN ABU VULKANIK BURNI TELONGPADA CAMPURAN LASTON AC-WC

Sulistianti Sulistianti, Sulaiman Ar, Khairul Miswar

Sari


Konstruksijalanraya di wilayah KabupatenBenerMeriah dan Aceh Tengah umumnyamenggunakanagregat yang berasaldaridaerah lain. Material lokalsepertiendapanabuvulkanikGunungBurniTelong dan limbahkulit kopi diharapkandapatdimanfaatkansecaramaksimal, salah satunyasebagaiagregat pada perkerasanjalan. PenelitianinidilakukanuntukmengetahuipersentasekomposisicampuranagregathalusendapanabuvulkanikGunungBurniTelong dan fillerlimbahkulit kopi pada laston AC-WC dan nilai parameter Marshall pada campurantersebut. Metodepenelitianmengikutistandar yang berlakuuntukcampuran AC-WC. Agregat batu pecah yang dipakaidalampenelitian material produksistone crusher PT. Kutaraja. Pemadatanbenda uji dilakukandengantumbukan 2 x 75 tiappermukaanuntuklalulintasberat. Tahapawalpenelitianiniadalahmencarinilaikadaraspal optimum (KAO). Pada penelitian, digunakanendapanabuvulkanikBurniTelongsebagaiagregathalusdengankomposisi 50% dari total campurandenganvariasikadaraspal ideal Pb 5,1%, 5,6%, 6,1%, 6,6%, dan 7,1% dan diperolehnilai KAO sebesar 6,2%. Selanjutnyadibuatbenda uji dengansubstitusifillerlimbahkulit kopi dengankomposisi 0%, 25%, 50%, 75% dan 100%. Hasil pengujian, disimpulkanbahwadenganPenggunaanagregathalusendapanabuvulkaniknilaistabililitasmeningkatdibandingkandenganmenggunakanagregathalus batu pecah. Nilai stabilitasmenurunpada  pertambahanpersentasepenggunaanfillerlimbahkulit kopi. Penurunan, nilaistabilitas pada semuapersentasefillerlimbahkulit kopi memenuhipersyaratanspesifikasiyaitu> 800 kg. Kombinasicampuranterbaikberada pada 25% fillerkulit kopi dari total fillerdengannilaistabilitas2272 kg, flow3,43 mm, VMA 21,4%, VIM 3,9%, VFB 74,7%, MQ 664,4 kg/mm, dan density 2,20 gr/cm3.

 

Kata Kunci:Campuran AC-WC, agregathalus, endapanabuvulkanik, kulit kopi, Marshall

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahmi, A. 2018. PengaruhPenggunaanAgregatHalusJamur Ujung dan Filler Abu Kulit Kopi TerhadapKarakteristik Marshall Campuran Lapis AspalPolimerMenggunakanLimbahPlastik Polyethylene Terephthalate (PET).Tesis. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Lemougna, P.N. dkk. 2018. “Review on the use of volcanic ashes for engineering applications”. Journal Resources, Conservation & Recycling. 137:177–190.

Putra, M.F.A. 2018. PengaruhPenggunaanAgregatHalusSabangDenganFillerSerbuk Bata Merah dan Abu Kulit Kopi Serta Polypropylene Terhadap Kinerja CampuranLaston Lapis Aus (AC-WC).Tesis. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Tombeg, C.V. dkk. 2019. “PemanfaatanSedimen Transport Abu Vulkanik (GunungSoputan) SebagaiBahanSubstitusi Pada Abu Batu DalamCampuranAspal HRS–WC Gradasi Semi”. JurnalSipilStatik. 7(3):309-318


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)