EVALUASI KAPASITAS RUANG PARKIR PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO DAN TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

Aulia Saufayuk Tika, Syaifuddin Syaifuddin, Faisal Abdullah

Sari


 

Banyaknya mahasiswa/i, dosen, teknisi, administrasi kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe yang membawa kendaraan menuju kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan ruang parkir, dan menentukan pola ruang parkir yang sesuai digunakan pada kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe. Metode yang diterapkan adalah melakukan survey langsung dilapangan dengan cara mencatat nomor polisi kendaraan masuk dan keluar dari lokasi parkir untuk mendapatkan data kendaraan. Dari data kendaraan dilakukan analisis untuk mendapatkan volume parkir, akumulasi, durasi, ketersediaan parkir dan tingkat pergantian parkir serta indeks parkir. Hasil analisis yang diperoleh jumlah parkir untuk kendaraan roda 2 teknik elektro yaitu 621  kendaraan roda dua teknik sipil yaitu 569 kendaraan dan mobil 19 kendaraan, durasi parkir kendaraan roda dua teknik elektro teknik sipil rata – rata antara 04-05 jam dan untuk mobil rata – rata 07-08 jam, akumulasi parkir tertinggi kendaraan roda dua teknik elektro sebesar 395 kendaraan pada pukul 08:30 – 09:30, teknik sipil 378 kendaraan pada pukul 09:30 – 10:30 dan mobil 15 kendaraan pada pukul 09:30 – 11:30.Berdasarkan hasil penelitian diperlukan penambahan lokasi parkir Teknik Elektro dan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe.

 

Kata Kunci : Evaluasi, Karakteristik parkir, Kebutuhan parkir.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta.

Chiara, K. 1997. Urban Planning and Design Criteria.Van Nostrand Reinhold.

Hobbs, F. D. 1997. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit UGM, Daerah, Yogyakarta.

Warpani, S. 1988. Rekayasa Lalu Lintas, Bhatara Karya Aksara, Jakarta.

National Association of Australian State Road Authorities (NAASRA), 1988. Guide to Traffic Engineering Practic,. Sydney.

Oppenlander, J.C. dan Box P.C, 1976, manual of Traffic Engineering studies, 4 th ed. Institute of Transportation Engineering Washington DC.

Well, G.R. 1985. Traffic Engineering an Introduction. Diterjemahkan oleh Suwardjoko Warpani. Jakarta: Bhrata Karya Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)