Kajian karakteristik perpindahan panas pada ruang sistem pengering/pengasapan dengan enersi panas. dari bahan bakar 0

Nawawi Juhan

Abstract


Penggunaan lemari pengering untuk pengeringan masih mempunyai kelemahan, yaitu temperatur pengering di dalam lemari pengering sering tidak seragam atau tidak sama di setiap rak yang terdapat dalam lemari pengering, dimana temperatur udara panas pada rak-rak pengering yang bejauhan dengan sumber panas atau pada rak-rak makin ke atas semakin menurun. Jika ketidaksamaan temperatur fuida pengering pada setiap rak dalam lemari pengering tersebut tidak leratasi, maka hasil pengering akan menurun kualitasnya yang diakibatkan oleh tidak meratanya suhu pengering yang diterima setiap produk yang dikeringkan. Masalah ini diyakini dapat diatasi dengan menahan laju gas panas keluar dari ruang pengering dengan membuat sudut cerobong gas panas keluar yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan berapa sudut cerobong gas panas keluar peralatan pengering yang tepat sehingga didapat keseragaman temperatur di setiap rak yang terdapat dalam lemari pengering. Disamping itu juga untuk melihat pengaruh pengarah awal terhadap distribusi temperatur di dalam saluran peralatan pengering. Pengujiannya dilakukan . dengan membuat suatu sistem peralatan pengering dengan sistem aliran gas Panas alamiah, yang terdiri atas lima bagian utama yaitu ruang pembakaran, pengarah awal 2 buah tidak berlubang dan berlubang dibuat berbentuk V dengan sudut 3G, saluran aliran udara panas, ruang pengeringan dengan 7 buah rak pengeringan, dan cerobong 3 buah dengan sudut masing-masing 15”, 25”, dan 35” Pengkajian lebih laryut dilakukan terhadap karakteristik perpindahan panas dan pola aliran Nuida pada Ruang Sistem Pengering/Pengasapan untuk mendapatkan sistim dan peralatan pengering yang optimal dengan menggunakan energi bahan bakar dan temperatur yang lebih merata pada setiap rak di datam lemari pengering. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa sudut cerobong sangat berpengaruh terhadap keseragaman distribusi temperature di dalam ruang pengering. Peralatan pengering dengan cerobong bersudut 15” dapat menghasikan. distribusi temperatur yang teratur, gradient temperature yang terjadi kecil di awal pemanasan dan setelah kestabilan tercapai distribusi temperature menjadi seragam di setiap rak dalam ruang pengering. Disamping itu Pengarah awal juga berpengaruh terhadap diistribusi di dalam saluran pemanas, dimana distribusi temperatur pada saluran pemanas dengan pengarah awal berlubang dan tidak berlubang sangat berbeda, ini disebabkan oleh pola aliran yang terjadi terutama pada sudut atap cerobong yang 15”. yang mana turbulensinya lebih besar dengan pengarah awal tidak berlubang. Karakteristik perpindahan panas yang terjadi seperti Grashof number, 'Rayleigh number, Nusselt number, dan koeffi. ien perpinduhan panas yang terjadi di dalam peralatan pengering dipengaruhi oleh ketinggian karakteristik, lebar karakteristik, dan geometri saluran (sudut saluran).

Kata Kunci : Pengering Grashof Number, Rayleigh Number, Perpindahan Panas


Full Text:

PDF PDF

References


Bejan, A., Convection Hear Irunsfer, John Wiley & Sons, Inc.1994.

Frank. P. Incopera & David P. Dewitt, Intrudution to heat Transfer.

Hirota, M., Fujita, H., Syuhada, A., Yanagida, M., and Kajita, A., Heat /Mass for Sharp 180-Degree Ti urning Flow in Rectangular Channels with Inclined Paetition Wall, Proc. Of the 5" ASME/JSME Joint Thermal Engineering Cocf. San Diego, AJTE99-6453 (in CD- ROM). 1999a.

Hirota, M.., Fujita. H.. Syuhada, A.. Araki, S., Yanagida.M., and Tanaka. T. Heat /Mass Transfer Characteristics in Serpentine Flow-Passage with a Sharp Turn, (Influence of Entmance Configuration), Proc. Compact Heat Exchangers and Enhancement Technology for Proces Industries, Banff. pp. 159-166.1999b.

Hirota, M., Fujita, H.. Syuhada, A., Araki, S.. Yosida, T. and Tanaka. T., Heat /Mass Transfer Characteristics in Two-Pass Smooth Chamnels with @ Sharp 180-Degree Turn, Int. J. of Heat and Mass Transfeer, vol. 42.pp.3757- 3770.1998.

Holman, J.P. Perpindahan Penerbit Erlangga, Jakarta. 1997

Kastoer A Raldi, Perpindahan Kalor Konveksi, Laboratorium Perpindahan Kalor Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Jakarta, 1998.

Kreith Frank, Prinsip-prinsip Perpindahan — Panas. — terjemahan Arko Prijono, Penerbit Erlangga.1991.

Mills, A. F. Heat and Mass Transfer. Richard D. Irwin, INC, Chicago.1995.

Syuhada. A., Solar heater dengan absorber pasir dan kawat kasa yang dipasang sejajar dengan laluan aliran udara, Fakultas Teknik Unsyiah. 1992a

Syuhada, A., Performance of a Direct type Salar Copra Dyer, prosiding Seminar Hasil Penelitian SDPF, HEDS- DIKTI-ICA, 29 juni-1 Juli 1993.1993,

Syuhada. A. Peralatan PenyeragamTemperatur untuk Lemari Pengering Dengan Menggunakan Bahan Bakar Briket Batu Bara, Lab. Teknik Konversi Energi, Teknik Mesin Unsyiah.2000b.

Syuhada, Saluran Udara Panas untukLemari Pengering dengan menggunakan Bahan Bakar Gas, La. Teknik Konversi Energi, Teknik Mesin Unsyiah.2000c.

Syuhada, Sistem Pengering Ikan dengan Menggunaken Bahan Bakar Gas sebagai Energi Pen ering, Lab. Teknik Konversi tnergi, Tel a'k Mesin Unsyiah.2002.

Syuhada, A, Heat (Mass) Transfer Characterisi.s in Rectangular Serpentine Chen tels with a Sharp Turn, Nagoya Universiy.2000a

Syuhada, — Sistem dan Peralatan Pengering Kavu dengan Menggunakan Bahu Bakar Ampas Serhuk Kayu, Lab. Teknik Konversi Energi, Teknik Mesin Unsviah.2001,

Tanda, G. Natural Convection Heat Iransfer in Vertical Channels with and without Transverse Sguare Ribs, Int. Journal of Heat and Mass Transfer, vol. 40, Ne. 9 pp. 2173-2185, Pergamon- Elsevier. Oxford, U.K.1997.

Winarno, F G., (1993), Bahan, PT. Pengantar Tekmulogi Gramedia, Jakarta.1993,




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jop.v7i2.1376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





 

  

    

    

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

Mailing Address:

Politeknik Negeri Lhokseumawe

Jl. Banda Aceh-Medan
Km. 280,3, Buketrata, Mesjid Punteut, Blang Mangat,
Kota Lhokseumawe, 24301

Propinsi Aceh,
Indonesia