Aplikasi neural networks untuk prediksi

Mohd. Arskadius Abdullah

Abstract


Peningkatan kebutuhan pangan dan produk pertanian lainnya akan terus meningkat, tidak terbatas pada kuantitasnya saja tetapi juga dalam hal kualitas. Untuk memenuhi permintaan tersebut digunakan alat pengolah lahan pertanian yang cepat dan memudahkan para petani. Salah satu cara pengolahan fjahan yang cepat dengan menggunakan traktor roda dua sebagai tenaga penggerak. Disamping keuntungan, traktor roda dua juga memiliki kelemahan. Hal ini akibat komponen rangka mapun enjin traktor mengalami keausan sesuai dengan jam operasional ataupun akibat kurangnya perawatan dari pemilik. Akibat kerusakan komponen, sehingga dapat menimbulkan getaran pada enjin yang yang dapat merambat sampai pada operator melalui rangka seluruh komponen traktor. Untuk menduga kerusakan yang terjadi pada traktor dengan ini dilakukan pendugaan atau prediksi kerusakan yang dianalisa melalui besarnya getaran yang ditimbulkan dengan menggunakan artificial neural network (ANN). Untuk memprediksi gangguan pada mesin dapat dibaca lewat

grafik scatter dari hasil testing.

Kata kunci : getaran, prediksi, Artificial Neural Network (ANN)


Full Text:

PDF PDF

References


Daywin, F.J., M. Djojomartono., R.G.Sitompul. Motor Bakar Internal dan Tenaga di Bidang Pertanian. Jurusan Teknik Pertanian. Fakultas teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor, Indonesia.1991.

D. W. Patterson, Artificial Neural Networks Theory and Application, Printice Hall, New York, 1996

Griffin MJ, Vibration and Motion dalam Salvendy, G (editor). Hand Book of Human Factors and Ergonomics. John Wiley and Sons, Inc. 590-608. 2006.

L. Fu, Neural Networks In Computer Intelligence, McGraw-Hill, Inc, Singapore, 1994.

Purnomo, M.H dan Kurniawan, A. Supervised Neural Networks dan Aplikasinya. Graha Ilmu, Yogyakarta.2006.

Yang CC, Lacroix R, Prasher SO. The Use of Back-Propagation Neural Network Jor The Simulation and Analyses of Time Series Data in Subsurface Drainage System. Transuctions of the ASAB. 41(4) : 1181-1187. 1998.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jop.v7i2.1375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





 

  

    

    

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

Mailing Address:

Politeknik Negeri Lhokseumawe

Jl. Banda Aceh-Medan
Km. 280,3, Buketrata, Mesjid Punteut, Blang Mangat,
Kota Lhokseumawe, 24301

Propinsi Aceh,
Indonesia