Perancangan dan Realisasi Prototipe Sistem Parkir menggunakan RFID Berbasis Mikrokontroler dengan Layanan Reservasi via Website

Fadhilah Hasanah, Ferry Satria, Azis Tio Nugroho

Abstract


Saat ini manajemen parkir yang diterapkan untuk kendaraan roda empat yaitu dengan sistem barcode yang berupa kertas sebagai identifikasi keluar parkir. Terdapat kelemahan pada sistem tersebut yaitu barcode yang berupa kertas mudah rusak ataupun hilang serta pengendara tidak dapat mengetahui informasi ketersediaan area parkir. Solusi dari permasalahan tersebut adalah sistem parkir menggunakan kartu RFID sebagai akses masuk dan keluar parkir dengan layanan reservasi via website. Sensor infra merah digunakan untuk melakukan identifikasi adanya kendaraan pada slot parkir. RFID dan sensor infra merah dikontrol oleh mikrokontroler Nodemcu yang diprogram menggunakan software Arduino IDE. Untuk memasuki area parkir pengguna harus memiliki kartu RFID dan sudah melakukan reservasi pada website. Aplikasi web dirancang menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS dan JavaScript. Penyimpanan data memanfaatkan MySQL dan menggunakan XAMPP sebagai server. Pengguna hanya dapat melakukan reservasi saja pada website sedangkan admin dapat melihat tampilan hasil identifikasi kendaraan, data reservasi, data riwayat masuk dan keluar kendaraan serta biaya parkir masing-masing kendaraan. Didapatkan dari hasil pengujian bahwa RFID reader membaca kartu RFID dengan batas jarak maksimal 3 cm sedangkan sensor infra merah mendeteksi kendaraan dengan jarak maksimal 8 cm. Website admin diakses pada laptop sedangkan website pengguna diakses pada smartphone menggunakan jaringan lokal. Aplikasi web dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fitur yang sudah ditentukan.

Keywords


Parkir; Nodemcu; RFID; Reservasi; Website

References


Wilhamdika, G. I., Suyadnya, I. M., & Saputra, K. O. (2019). Rancang Bangun Sistem Reservasi Parkir Online pada Pusat Perbelanjaan di Kota Denpasar Berbasis Web. Jurnal Spektrum , 6 (1), 1-9.

Prasetyo, W. A. (2017). Pengelolaan Sistem Parkir Dengan RFID Berbasis Arduino Uno. Publikasi Ilmiah Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Ardianto, P. (2015). Perancangan Prototipe Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Jurnal SAINTIKOM, 14(2), 131-140.

Agustin, M., Mekongga, I., Admirani, I., & Azro, I. (2019). Desain sistem parkir berbasis RFID. JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer), 11(1), 21-28.

Pratama, I. T., Mutiara, G. A., & Suchendra, D. R. (2017). Sistem Reservasi Parkir Berbasis Web di FIT (Fakultas Ilmu Terapan). eProceedings of Applied Science, 3(3), 1855-1862.

Wicaksono, D., Hardyanto, R. H., & Ciptadi, P. W. (2020). Smart Parking Berbasis Web di Universitas PGRI Yogyakarta. In Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, 4(1), 222-226.

Resky, M. D. (2020). Rancang Bangun Perangkat Lunak untuk Parkir Mahasiswa, Staff dan Dosen pada Lingkungan Kampus Menggunakan Fasilitas RFID.

Rahmani, A. (2020). Rancang Bangun Perangkat Keras untuk Parkir Motor Mahasiswa dan Staf Polban Menggunakan Fasilitas RFID.

Kurniawan, A. P., & Sriwigani, B., Sudjalwo. (2012). Efektifitas Sistem Informasi Parkir Berbasis Website di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal KomuniTi, 4(2), 1-8.

Efrizon, E., Irmansyah, M., Madona, E., & Putra, R. (Desember, 2018). Perancangan Sistim Monitoring Berbasis Web pada Parkir Sepeda Motor. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri SNTIKI 10 (pp. 336-342).

Salahudin, M., & Rosa, A. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v18i2.2295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.