PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM 5T + 1 A UNTUK MENINGKATKAN ANGKA LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Ronald Ronald Fransyaigu, Asnawi ., Bunga Mulyahati

Abstrak


Kompetensi literasi dasar (menyimak-berbicara, membaca-menulis, berhitung-memperhitungkan, dan mengamati- menggambar) sudah selayaknya ditanamkan sejak pendidikan dasar, lalu dilanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi agar peserta didik dapat mengingkatkan kemampuan untuk mengakses informasi dan pengetahuan. Selain itu, peserta didik mampu membedakan informasi yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Hal itu karena literasi mengarahkan seseorang pada kemampuan memahami pesan yang diwujudkan dalam berbagai bentuk teks (lisan, tulis, visual). Metode kegiatan ini berupa pendampingan pemahaman dan keterampilan peningkatan literasi kepada para g uru S D di Kota Langsa. Setelah diberi pendampingan, selanjutnya mereka didampingi dan dibimbing untuk menerapkan program 5T + 1A dalam rangka meningkatkan literasi anak sekolah SD. Dari hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, terlihat program 5T + 1A bisa dijadikan salah satu program yang membantu guru dalam meningkatkan angka literasi siswa sekolah dasar apabila program tersebut dilakukan secara berkesinambungan. Peningkatan angka literasi yang diharapkan dalam pengabdian ini terukur dari meningkatnya ketrampilan yang mendukung literasi meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis yang cukup signifikan.

Kata kunci : Literasi, Program 5t+1A, Pendampingan Guru, Angka Literasi Siswa SD


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allen, J. dan Gonzalez, K. 1998.There's Room for Me Here: Literacy Workshop in the Middle School. Ontario: Stenhouse Publishers.

Anderson, P.S.,dkk. 1988. Language Skills in Elementary Education. New York: MacMillan Publishing co.inc.

Bittinger, G. 2004. 101 Circle Time Activities Ages 3–6. Michigan: Totline Publications.

Collins, M. 2007. Circle Time for The Very Young. California:SAGE Publications Inc.

Cunningham, J.W., dkk. 2005. Investigating the instructional supportiveness of leveled texts. Reading Research Quarterly, 40, 410-427.

Daniels, H. 2002. Literature Circles: Voice and Choice in Book Clubs and Reading Groups .Ontario: Stenhouse Publishers.

Diller, D. 2003.Literacy Work Stations: Making Centers Work. Ontario: Stenhouse Publishers.

Fountas, I. C. &Pinnell, G. S. (2008). The Continuum of Literacy Learning Grades pre--K-8: A Guidetoteaching. Portsmouth, NH: Heinemann.

Griffin, P. 2012.Assessment and Teaching of 21st Century Skills. New York: Springer. Buku Sumber untuk Dosen LPTK

Hadaway, N. L. &Young, T. A. (2010).Matching Books and Readers: Helping English LearnersingRades K–6. New York: The Guilford Press.

USAID. (2014). Best Practices for Developing Supplementary Reading Materials: Final Report. New York: USAID.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.