PELATIHAN PEMANFAATAN DAGING IKAN BULAN PADA PEMBUATAN KERUPUK IKAN YANG BEBAS DARI BAHAN TAMBAHAN MAKANAN SINTETIS DI DESA JAMBO TIMU KECAMATAN BLANG MANGAT KOTA LHOKSEUMAWE

Ummi Habibah, Nurlaili Nurlaili, Zuhra Amalia, Zahra Fona

Abstrak


Kerupuk ikan yang beredar dipasaran mengandung karbohidrat tinggi dan bahan tambahan makanan sintetis, seperti pengawet, penstabil warna, dan penambah cita rasa. Pembuatan kerupuk ikan dari ikan segar hasil tangkapan/panen nelayan dan bebas dari bahan tambahan makanan sintetis sebagai wujud kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe di desa Jambo Timu Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumwe. Kerupuk ikan yang dihasilkan akan lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Pelatihan ini mendapat tanggapan serius dari peserta, pengelola TBM Hasan-Savvas dan perangkat desa. Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta ibu-ibu rumah tangga masyarakat nelayan. Semua peserta mengikutinya dengan tekun dan turut serta dengan aktif dalam semua tahapan pelatihan hingga selesai. Ikan yang digunakan adalah ikan bulan sebagai bahan baku karena harganya sangatlah rendah dan mengandung nilai gizi tinggi. Pembuatannya menggunakan bahan dan alat yang sederhana. Bahan yang digunakan tepung tapioka, daging ikan, telur, air, garam, gula, kunyit, dan bawang putih. Ada bebera tahapan pembuatannya. Tahap pertama, pembuatan adonan yaitu mencampurkan semua bahan yang digunakan dan telah dihaluskan sebelumnya. Tahap kedua, pencetakan dengan cara mendadar adonan menjadi lembaran-lembaran tipis kemudian dipotong-potong sesuai selera. Tahap ketiga, pengeringan dengan penjemuran dibawah sinar matahari langsung sampai kaku dan mudah patah. Tahap keempat, penggorengan menggunakan minyak dalam kemasan, kerupuk ikan siap disajikan. Kerupuk ikan yang dihasilkan sangat renyah, berwarna putih, rasanya enak, dan bentuknya sedikit melengkung. Kerupuk ikan harus dikemas dalam wadah tertutup agar tidak lembek dan terhindar dari faktor perusaknya. Kerupuk ikan dapat dijadikan alternatif usaha dalam meningkatkan ketentraman, kenyamanan kehidupan bermasyarakat nelayan. Kerupuk ikan dapat dipasarkan secara langsung atau setelah digoreng.

Kata kunci— Kerupuk ikan, Ikan Bulan, Renyah, Bahan Tambahan Makanan Sintetis, Peluang Usaha, Pengemasan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Bahan tambahan pangan yang dilarang digunakan dalam produk pangan. http://standarpangan.pom.go.id/index.php/berita/94-bahan-tambahan-yang-dilarang-digunakan-dalam-produk-pangan. Diakses 16 Juni 2017.

. Cara membuat kerupuk ikan renyag dan gurih. www.resepnasional.com/cara-membuat-kerupuk-ikan-renyah-dan-gurih/. Diakses 17 Februari 2017.

. Dari usaha kerupuk ikan hasilkan milyaran rupiah. 6 Mei 2013. www.seputarukm.com/dari-usaha-kerupuk-ikan-hasilkan-milyaran-rupiah/ Diakses 17 Juni 2017.

Badan Standar Nasional. ICS1.67.120.30. SNI 01-2713.1999. Kerupuk Ikan

Faradilla Noor Rizqia, Karakteristik kerupuk ikan dari jenis ikan dan jenis pati yang berbeda. Tugas akhir, Universitas Pasundan Bandung, 2016.

Kota Lhokseumawe, http://penghubung.acehprov.go.id/potensi-investasi/kabupaten-lhokseumawe/. Diakses 25 April 2015.

Lis Istanti, Lama penyimpanan terhadap karakteristik kerupuk ikan sapu-sapu (Hyposarus pardalis). Skripsi Institut Pertanian Bogor, 2005.

M. Panji G. Setiawan, Herla Rusbarilin, Senrsa Ginting, Studi pengaruh zat pengembang dan penambahan ikan pada pembuatan kerupuk ubi jalar. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian, Volume 1, Nomor 2, Tahun 2013.

A Nova Zulfahmi, Fronthea Swastawati, Romadhon, Pemanfaatan daging ikan tenggiri (scomberomorus commersoni)

dengan konsentrasi yang berbeda pada pembuatan kerupuk ikan, Jurnal pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014, Halaman 133-139.

Vita Yanuar, Manis Suharjo, Abjudelmen Igas, Pengaruh bahan baku ikan terhadap nilai organoleptik dan nilai kandungan gizi produk stik ikan di kabupaten kotawaringin Barat. ZIRAA’AH,

Volume 41. Nomor 3, Oktober 2016, Halaman 346-354.

Winarno. F.G., Kimia Pangan dan Gizi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1992.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.