MENINGKATKAN USAHA PRODUKSI KACANG GARING / KACANG GORENG TALU GUNA PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN

Asraf ., Mai Yuliza

Abstrak


Kacang Garing / Kacang Goreng Talu adalah produk cemilan khas dari Talu, Kabupaten Pasaman Barat yang sudah terkenal sejak lama. Cita rasanya yang gurih dan sangat digemari lahir dari proses pembuatan yang unik dan secara tradisional dipertahankan secara turun temurun. Meski produk ini enak dan digemari tapi belum bisa mengangkat taraf hidup dan kesejahteraan para pengrajinnya. Usaha ini sangat  potensial dikembangkan menjadi sektor bisnis yang menguntungkan. Visi bisnis, pengetahuan dan keterampilan bisnis pengrajin yang rendah membuat usaha ini sulit berkembang. Permasalahan pokok terutama pada aktifitas pemasaran yang kurang baik, pengelolaan keuangan dan manajemen usaha termasuk pengembangan produk yang lemah. Bila hal ini dibenahi sangat memungkinkan untuk memperluas pasar ke wilayah lain di Indonesia sehingga omset usaha menjadi tinggi. Progran Pengabdikan Masyarakat ini menjalin kerjasama dengan dua orang mitra pengrajin dimana para mitra akan dibekali ilmu dan keterampilan manajemen pemasaran dan manajemen produksi yang dibuat secara praktis ternyata mampu meningkatkan wawasan bisnis pengrajin dan mereka mampu menerapkan tehnik-tehnik pemasaran praktis, administrasi keuangan yang lebih rapi dan penanganan aspek produksi yang lebih efisien. Program ini juga secara bertahap telah memperluas wilayah pemasaran dan konsumen yang lebih bervariasi. Bisnis ini bila serius ditangani dengan sentuhan tehnik manajemen profesional dapat diandalkan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pengrajin.

 

Kata kunci : Kacang Goreng Talu, manajemen pemasaran, manajemen operasional.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asraf, 2016, Studi Relationship Quality pada Bank Nagari Cabang Simpang Empat Pasaman Barat, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, Volume 4, Nomor 1, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Asraf, 2014, Pengaruh produk, proses dan kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih produk kredit BPR Swadaya Anak Nagari dengan Faktor Sosial sebagai Variabel Moderator, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, Volume 2, Nomor 3, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Asraf, 2014, Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana Di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, Volume 2, Nomor 1, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Donald, Sandy, Utami dan Ghazali, 2016, Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model, Jurnal Manajemen Teknologi, vol 15 no. 1, Bandung.

Elisabeth, Paskah dan Chandra, 2012, Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), JMK, Vol 10 No. 2, Salatiga.

Endang, 2013, Peranan Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Penjualan, Jurnal Ekonom, Vol 16, No 1, Medan.

Erdawati dan Asraf, 2016, Efek Moderasi Country Of Origin pada Pengaruh Kualitas Produk dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Laptop TOSHIBA, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, Volume 4, Nomor 2, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Feni, Imam, Ainul, 2010, PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI FASILITASI PIHAK EKSTERNAL DAN POTENSI INTERNAL (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6, Malang.

Gustina, Salman dan Lena, 2014, Strategi Pengembangan Usaha Tahu Rumah Tangga, Agrium volume 19 Nomor 1, Medan.

Hafrizal Okta Ade Putra, 2012, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Prabayar XL di Kota Padang. Padang : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 1.

Imran Ukkas, 2017, Strategi dan Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), BERKEMAJUAN: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, VOLUME 1 NOMOR 1 , Palopo.

Jayaraman Munusami dan Wong Chee Hoo, 2008, Relationship Between Marketing Mix Strategy and Consumer Motive: An Empirical Studi in Major Tesco Stores. Malaysia: Unitar e-Jurnal Volume 4, Nomor 2.

Jaidan Jauhari, 2010, Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce, Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 2, NO. 1, Palembang.

Majeni dan Sulaeman, 2015, Strategi Pengembangan Usaha Keripik Ubi Kayu pada Industri Pundi Mas di Palu, e-J. Agrotekbis 3 (3), Palu.

Marno Nugroho Fakultas, 2015, Model Peningkatan Kinerja Operasional melalui Praktek-praktek Manajemen Kualitas Pada IndustriKecil Menengah (IKM) di Kota Semarang, CBAM vol 2 No. 1, Semarang.

M. Saleh Lubis dan Asraf, 2017, Analisis Persepsi Atas Aspek Pemasaran Kacang Goreng Talu Serta Pengaruhnya pada Loyalitas Konsumen, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, Volume 5, Nomor 1, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Praba, Sapto dan Suwarno, 2011, Kajian Strategi Pengembangan Usaha Industri Kripik Singkong PT. Inti Sari Rasa Bekasi, Jurnal Manajemen IKM, volume 6 nomor 2, Bekasi.

Rony Ika Setiawan, 2010, Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian Pop Mie. Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi, Vol. 2 No. 2, Blitar.

Satit, Rezky Purna, Huam Hon Tat, Razli Amran, Thoo Ai Chin and Sukati Inda, 2012, The Relationship Between Marketing Mix and Customer Decision Making over Travel Agent: An Empirical Study, International Journal of Academic in Business and Social Sciences, June 2012, Vol 2 No. 6, Malaysia.

Seanewati, Oetama, 2011, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda di Sampit, Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Socioscientia, volume 3, nomor 1, Sampit.

Sefnedi (2013), Analisa Service Marketing-Mix dan Pengaruhnnya Terhadap Keputusan Pemilihan Jasa Pendidikan Program Pascasarjana, Pasaman Barat : e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, volume 1, Nomor 2.

Sulistyo, 2010, Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dengan Basis Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Malang, Jurnal Ekonomi MODERNISASI, Volume 6, Nomor 1, Malang.

Taufik Mokhamad dan Hartono, 2011, Model Pengembangan Usaha Kecil Menengah Berbasis Potensi Ekonomi Masyarakat, Jurnal WIGA .Vol.1 No.1, Lumajang.

Wirawan dan Ronny, 2013, Analisis Pengembangan Produk Pada Perusahaan Tepun Terigu di Surabaya, AGORA Vol. 1, No. 1, Surabaya.

Yusleli Herawati, 2011, Langkah Wirausaha dalam Meningkatkan dan Mengembangkan Usaha (Studi Kasus pada Catering Hidayah Palembang), Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi Ke-VI, Palembang.

Buku :

Assauri, Sofjan, 2004, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Haryadi. 2010. Akuntansi pada usaha kecil menengah.Yogyakarta:Gajah Mada University Pres

Kotler, P., Keller, Kevin Lane,. 2007. Manajemen Pemasaran II edisi duabelas. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2011, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Jakarta : PT. Erlangga.

Schiffman G. Leon and Kanuk Laslie Lazar, 2000, Perilaku Konsumen, edisi ke tujuh, Gramedia, Jakarta.

Sony, Endra, Ridha, dan Arif, 2010, Akuntansi UMKM, Penerbit Buku Akuntansi Asgard Chapter ISBN 978‐979‐17912‐5‐0,


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.