SISTEM PENYEDIA AIR BERSIH UNTUK MASYARAKAT DI KAWASAN PEMUKIMAN AIR PAYAU DESA KUALA

munawar rusli, M Yunus, Abdullah Irwansyah

Abstrak


Kegiatan penerapan ipteks ini bertujuan menyelesaikan persoalan prioritas yang dihadapi sebagian warga Desa Kuala, yang mengalami krisis air bersih, akibat buruknya kualitas sumber air baku warga yang bersifat payau, sehingga berpengaruh terhadap kualitas hidup mereka. Solusi permasalahan yang ditawarkan adalah menyediakan sistem penyediaa air bersih berbiaya murah, dengan memanfaatkan potensi sumber daya air tawar, di desa mereka sendiri, sebagai solusi alternatif untuk menangani permasalahan air bersih yang dihadapi warga. Kegiatan dilakukan dalam 3 (tiga) tahapan, meliputi: (1) Penyediaan jaringan perpipaan; (2) Pembuatan reservoir induk, serta; (3) Penyiapan titik akses air bersih. Untuk mempersiapkan skill warga, dilakukan pelatihan transfer ipteks kepada mitra, berupa pelatihan teknik pengoperasian dan maintenance, sehingga mitra mampu mengoperasikan dan merawat paket iptek yang dikembangkan. Dari kegiatan PKM, telah dihasilkan suatu sistem penyedia air bersih yang dapat memenuhi sebagian kebutuhan warga terhadap air bersih.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, (1991), Water Treatment Handbook, Vol. 1, 6th Edition, Degremont, France.

Geankoplis, C.J., (2033), Transport Process and Separation Process Principles, 4rd edition, Prentice Hall International Inc., New Jersey.

McCabe, W.L, Smith, J.C, dan Harriot, P. (2005), Unit Operations of Chemical Engineering, International edition, McGraw-Hill Inc., New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v4i1.1506

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id