Pelatihan Aplikasi MYOB Accounting Bagi Siswa SMK Negeri 5 Kota Lhokseumawe

Edy Zulfiar, Busra Busra, Faisal Faisal, Nurul Mawaddah

Abstrak


 

Abstrak—MYOB Accounting merupakan sebuah aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan suatu perusahaan. Komputerisasi akuntansi dengan MYOB Accounting merupakan salah satu matau uji ujian kompetensi siswa SMK. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi MYOB Accounting bagi siswa SMK. Target dari kegiatan ini yaitu  peningkatan kompetensi siswa SMK dalam menggunakan aplikasi MYOB Accounting dalam pencatatan transaksi keuangan perusahaan. Pelatihan ini dilakukan pada seluruh siswa kelas III Jurusan Akuntansi SMK Negeri 5 Kota Lhokseumawe yang berjumlah 28 orang. Metode pelatihan menggunakan metode praktik. Pelatihan ini dilakukan pada seluruh siswa kelas III Jurusan Akuntansi SMK Negeri 5 Kota Lhokseumawe. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 28 siswa. Metode pelatihan menggunakan metode praktik. Pelatihan dilakukan di laboratorium SMK Negeri 5 Kota Lhokseumawe. Materi pelatihan yang diberikan yaitu opening setup, pencatatan transaksi, dan penyajian laporan. dan penyajian laporan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa berdasarkan hasil post test diketahui bahwa sebanyak  88% peserta mampu melakukan opening setup dengan baik (nilai >90),  82% peserta pelatihan mampu melakukan pencatatan transaksi keuangan dengan MYOb Accounting dengan benar (nilai >90), dan 95% peserta mampu menyajikan laporan keuangan dengan benar (nilai >90).

Kata kunci— MYOB Accounting, Opening Setup, Pencatatan Transaksi, Penyajian Laporan.

 

Abstract— MYOB Accounting is an accounting application used to record a company's financial transactions. Computerized accounting with MYOB Accounting is one of the subjects of the test of competency tests for Vocational High School (SMK) students. This training activity aims to provide training on the use of the MYOB Accounting application for vocational students. The target of this activity is to increase the competence of vocational students in using the MYOB Accounting application in recording corporate financial transactions. This training was carried out on all third grade students of the Accounting Department of Vocational High School (SMKN 5) Lhokseumawe. The number of trainees is 28 students. Training methods use practical methods. The training was conducted in the laboratory of SMKN 5 Lhokseumawe. The training material provided is opening setup, transaction recording, and report presentation. The results of the training activities showed that based on the results of the post test it was known that as many as 88% of participants were able to perform the opening setup properly (value> 90), 82% of trainees were able to record financial transactions with MYOb Accounting correctly (values> 90), and 95% participants are able to present financial statements correctly (values> 90).

Key words— MYOB Accounting, Opening Setup, Transaction Recording, Report Presentation.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Agus Kuntoro. Praktikum Komputer Akuntansi Menggunakan MYOB Accounting. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2008

Ali Mahmudi, Laporan Keuangan Semudah Klik Mouse, MYOB Accounting Plus Versi 13. Yogyakarta: Andi, 2004

Abu Luthfi Mahmudi, Kompetensi Praktek Komputer Akuntansi dengan MYOB Accounting V.18, 2015

Edy Zulfiar, Pencatatan Transaksi Keuangan dengan MYOB Accounting, Lhokseumawe: Unimal Press, 2017.

Sidik Jaya, Computerised Accounting With MYOB-Intermediate, Book 2. Jakarta: PT Net21 Plus, 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Hak Cipta (c) 2019 Edy Zulfiar, Busra Busra, Faisal Faisal, Nurul Mawaddah

Creative Commons License
Karya ini berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.