Analisis Bauran Pemasaran Produk Rahn Terhadap Minat Nasabah Pada PT Bank Aceh Syariah Cabang Samudera Lhokseumawe

Zahira Mulkania, Yeni Irawan

Abstrak


Abstrak—Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi dari bauran pemasaran produk gadai emas terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi gadai emas (rahn) dan untuk mengetahui apakah implementasi strategi tersebut mampu mempengaruhi perkembangan jumlah nasabah pada PT. an e aria aan adera seae. Responden dalam penelitian ini meliputi nasabah pembiayaan produk gadai emas (rahn) pada P an e aria aan adera seae. dengan total sampel sebanyak 91 responden yang diperoleh melalui kuesioner kepada nasabah. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan perangkat lunak SPSS IBM versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel produk, harga, promosi, dan saluran distribusi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan secara parsial, hanya terdapat 2 variabel saja yang berpengaruh positif yaitu variabel harga dengan nilai thitung sebesar 2,157 dan tingkat signifikan 0,034 serta variabel promosi dengan nilai thitung sebesar 1,896 dan tingkat signifikan sebesar 0,061.Koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah sebesar 0,192 atau 19,2%. Hal ini berarti variabel-variabel independen belum cukup memberikan informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variabel-variabel dependennya. Dan sisanya sebesar 80,8% dijelaskan atau diprediksikan oleh luar model atau faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci: gadai emas, pemasaran, produk, harga, promosi, tempat, perbankan syariah

Abstrack—The purpose of this study was conducted to find out how the strategy of the marketing mix of gold pawning products to the interest of customers in making gold pawn transaction (rahn), and to find out whether the implementation of the strategy is able to influence the development of the number of customers at P an e aria Branch of Samudera Lhokseumawe. Respondents in this research include financing customer of gold pawn product (rahn) at PT. Bank Aceh Syari'ah Branch of Samudera Lhokseumawe. with a total sample of 91 respondents obtained through questionnaires to customers. Data analysis method used is multiple regression analysis using software SPSS IBM version 20. The results showed that product variables, price, promotion, and distribution channels simultaneously significant effect on customer satisfaction. While partially, there are only 2 variables that have a positive effect that is the price variable with the tcount of 2.157 and the significant level of 0.034 and the promotion variable with the tcount of 1.896 and the significant level of 0.061.Koefisien determination in this study is equal to 0.192 or 19.2 %. This means that the independent variables are not enough to provide the information needed to predict the dependent variables. And the remaining 80.8% is explained or predicted by outside models or other factors not included in this study.

Keywords: pawn gold, marketing, product, pricing, promotion, place, islamic banking


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Zainuddin. 2008. Hukum Gadai Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.

Adisaputro, Gunawan, 2010, Manajemen Pemasaran (Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran), Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Antonio, Muhammad Syafii. 2011. Bank Syariah : Dari Teori ke Praktek. Jakarta. Gema Insani Press bekerjasama dengan yayasan Tazkia Cendekia.

Arifin, Zainul. 2000. Dasar-dasar manajemen Bank Syariah. Jakarta: Alvabet.

Diana, Yumanita. (2005). Bank Syariah, Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan, Jakarta.

Firdaus A, 2005. Pengantar Akuntansi, Buku Satu, Edisi 2. Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Moekijat. 2000. Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Moh Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Muhammad. 2004. Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Nachrowi, Djalal Nachrowi dan Hardius Usman. 2008. Penggunaan Teknik Ekonometri, Edisi revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar- dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakrta.

Suryabrata, Sumadi. 1988, Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI : Yogyakarta.

Umar, Hussein. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Garfindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Hak Cipta (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhkseumawe



Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.