Mitologi pada Iklan Rokok di Kota Langsa

Joko Hariadi, Desy Irafadillah Effendi

Abstrak


Abstrak— Penelitian ini bertujuan menemukan myths makna tersirat (pesan terselubung) yang ditampilkan pada sebuah iklan rokok dan pertentangan mitos pada iklan rokok tersebut dengan bangsa Indonesia. Sumber data penelitian ini adalah iklan rokok di ruang terbuka Kota Langsa, seperti baliho dan umbul-umbul. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) pengambilan gambar (foto), (2) pengelompokan merek rokok yang sama, namun memiliki iklan yang berbeda, (3) pemilihan iklan yang akan dianalisis, dan (4) pengamatan tanda-tanda dalam iklan rokok yang terpilih. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat berbagai makna tersirat yang terkandung dalam iklan rokok, yaitu kesenangan sebagai tujuan hidup, keberanian, membolehkan melakukan apa saja atas dasar kebebasan, keberanian membuat terobosan, dan mengutamakan kepentingan pribadi. Mitos-mitos yang terkandung dalam iklan rokok tersebut bertentangan dengan peraturan pemerintah dan budaya bangsa Indonesia.

Kata kunci— mitologi, makna tersirat, iklan rokok, semiotika, Kota Langsa 

 

Abstract— This study aims to find the implied meaning (covert message) shown on a cigarette ad and conflict of myths on cigarette advertising with the Indonesian people. The source of this research data is cigarette advertisement in open space of Langsa City, as billboards and banners. Data analysis techniques are (1) take a picture on billboards, (2) grouping the same cigarette brand, but have different ads, (3) select the advertisements to be analyzed using random selection techniques, and (4) observation of signs in selected cigarette advertisements. The results of the study reveal there are various implicit meanings contained in cigarette advertisements, namely pleasure as a life goal, bravery, allow to do anything on the basis of freedom, courage to make a breakthourgh, and prioritizing personal interests. The myths contained in the cigarette advertisement are contrary to the rules and culture of the Indonesian nation.

Keywords— mythology, implied meaning, cigarette advertising, semiotics, Langsa City 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sudjiman, Panuti dan Aart van Zoest. 1992. Serba-Serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Sucahyono, Nurhadi. 2016. Industri Tembakau Tuntut Peraturan Lebih Adil Soal Merokok. (https://www.voaindonesia.com) diakses tanggal 25 September 2017.

Shofa, Fathin dan Meina Astri Utami. 2017. Menyingkap Makna dan Tanda dalam Iklan Rokok A Mild Versi Hasrat: Kajian Semiotika. Jurnal Ranah: 6 (2), hal. 185 (http://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jurnal_ranah) diakses tanggal 4 Januari 2018.

Chapman, Simon dan Gerry Egger. 1984. Myth in Cigarette Advertising and Health Promotions (dalam Language, Image, Media). Oxford: Blackwell.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Hak Cipta (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhkseumawe



Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.