Perancangan Pengereman Dinamik pada Motor Induksi 3 Fasa dengan Menggunakan Programmable Logic Controller ( PLC )

Muhaimin Muhaimin, Zamzami Zamzami

Abstrak


Abstrak, Sering digunakan Aplikasi Motor induksi tiga fasa di  dunia industri dengan pertimbangan motor ini  sederhana, murah dan mudah pemeliharaannya. Penggunaan motor induksi membutuhkan  proses penghentian  putaran motor dengan cepat,  Menghentikan putaran rotor, torsi pengereman diperlukan yang dapat dihasilkan secara mekanik maupun secara elektrik. Simulasi  Pengereman untuk menghentikan putaran motor induksi dapat dirancang secara dinamik, yaitu sistem pengereman yang dilakukan dengan membuat medan magnetik motor stasioner. Keadaan tersebut dilaksanakan dengan menginjeksikan arus DC pada kumparan stator motor induksi tiga fasa setelah hubungan kumparan stator dilepaskan dari sumber tegangan suplai AC. Metode pengereman dinamik memiliki keuntungan antara lain kemudahan pengaturan kecepatan pengereman terhadap motor induksi tiga fasa dan kerugian mekanis dapat dikurangi. Direncanakan suatu sistem balik arah putaran motor induksi tiga fasa hubung star-delta dengan Programmable Logic Control ( PLC ) sebagai pengendali. Pada sistem mengharuskan adanya pertukaran arah putar dari arah putar kanan ke putar kiri,. Proses untuk mengubah arah putaran motor memerlukan pengereman secara dinamik, yaitu sistem pengereman yang dilakukan dengan membuat medan magnetik motor stasioner. Proses pengereman tersebut dilaksanakan dengan menginjeksi arus DC pada kumparan stator motor induksi, monitoring untuk proses pengeremana dinamik digunakan perangkat lunak (Scada) yang kinerjan berkaitan dengan PLC .Dengan mengaplikasikan pengereman dinamik pada motor induksi tiga fasa didapatkan hasil proses menghentikan putaran motor induksi lebih cepat dibandingkan tanpa pengereman dinamik.  Arus injeksi yang diberikan pada motor induksi 3 fasa 1 KW untuk pengereman dinamik sebesar 2,2 A.  Waktu berhenti motor  untuk beban minimun 100 Watt tanpa pengereman sebesar 6,21 detik dan dengan pengereman sebesar 4,38 detik,untuk beban maksimum 600 W, tanpa pengereman.

 

Kata kunci : Motor induksi, pengereman dinamik, arus injeksi, PLC

 

Abstract, Often used Application three-phase induction motor in the industrial world with the consideration of this motor is simple, inexpensive and easy to maintain. The use of an induction motor requires the process of stopping motor rotation quickly, stopping rotor rotation, braking torque is needed which can be generated mechanically or electrically. Braking simulation to stop the induction motor rotation can be dynamically designed, namely the braking system which is done by making a stationary motor magnetic field. This situation is carried out by injecting a DC current in the three-phase induced motor stator coil after the stator coil connection is released from the AC supply voltage source. Dynamic braking methods have the advantage, among others, the ease of regulating braking speed against three-phase induction motors and mechanical losses can be reduced. A system is planned to reverse the direction of rotation of the three-phase delta three-phase induction motor with Programmable Logic Control (PLC) as the controller. The system requires an exchange of swivel directions from the right turn to the left. The process to change the direction of motor rotation requires dynamic braking, namely the braking system which is done by making a stationary motor magnetic field. The braking process is carried out by injecting a DC current on the induction motor stator coil, monitoring the dynamic drive process used by the software (Scada) which is related to PLC performance. By applying dynamic braking to the three phase induction motor, the process of stopping the induction motor is faster than without dynamic braking. The injection current given to a 3 KW 3 phase induction motor for dynamic braking is 2.2 A. The motor stop time for a minimum load of 100 Watt without braking is 6.21 seconds and with a braking of 4.38 seconds, for a maximum load of 600 W, without braking.

 

Keywords: induction motor, dynamic braking, injection current , PLC.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Anantha B P, M, 2006, “Pengereman Dinamik Pada M.otor Induksi Tiga Fasa”, Penelitian, UniversitasDiponegoro, Semarang

. Fakhrizal, Reza, 2007, “Aplikasi Programmable LogicController ( PLC ) Pada Pengasutan Dan ProteksiBintang (Y)-Segitiga (Δ) Motor Induksi Tiga Fasa”,Penelitian, Universitas Diponegoro, Semarang,

. Zuhal,1995, Dasar Tenaga Listrik dan Elektronika Daya , Gramedia, Jakarta,

. Vas, Peter,1992, Electric Machine and Drives: A Space Vector Theory Approach, Oxford University, New York,

. Vedam Subrahmanyam,1994, Electric Drives, Concepts and Applications, TataMcGraw-Hill, New Delhi,

. Fitzgerald, A, E.,Jr, Charles, Kingsley.,Umans, Stephen, 2003,D,Electric Machinery,6th edition,Mc Graw Hill,


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Hak Cipta (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhkseumawe



Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.