PEMANFAATAN BATU APUNG SEBAGAI MATERIAL BETON RINGAN

Khairul Miswar

Abstract


Berat konstruksi sipil dipengaruhi oleh berat jenis beton. Berat jenis beton diatasi dengan menggunakan material yang ringan, sehingga dihasilkan beton ringan. Beton ringan juga salah satu pilihan untuk mengurangi berat bangunan.

Salah satu material yang ringan yaitu batu apung. Campuran yang akan dilakukan mengacu pada faktor air semen 0,53. Pada saat pembuatan benda uji, maka banyaknya subtitusi batu apung yang akan dicampur dengan berbagai variasi persentase yaitu 0%, 30%, 50% dan 100%. Masing-masing persentase pembuatan benda uji dibuat sebanyak 5 buah.

Dari data kuat tekan, beton yang disubtitusi batu apung 30% dan 50% yang mengalami pengujian memenuhi syarat minimal untuk kuat tekan beton ringan pada pemakaian struktur ringan, dimana penggunaanya sebagai dinding pemikul beban. Data kepustakaan mensyaratkan kuat tekan beton ringan untuk struktur ringan adalah 7 s/d 17 Mpa. Data pengujian didapat 10.7 Mpa untuk subtitusi batu apung 30% dan untuk subtitusi batu apung 50% didapat 7.96 Mpa. Sedangkan beton subtitusi batu apung 100% diperoleh nilai kuat tekan 5.4 Mpa.

Namun rongga-rongga yang menyebabkan turunnya kuat tekan malah menyebab beton subtitusi batu apung menjadi lebih ringan dibandingkan dengan beton normal. Perbandingan hasil pengujian dibandingkan dengan referensi dari sisi berat jenis beton ringan maka beton subtitusi batu apung 50% dan 100% yang telah diuji memenuhi persyaratan sebagai beton ringan untuk struktur ringan yaitu 1404 dan 864 kg/m³ dimana kisaran beton ringan sesuai referensi adalah 800 – 1400 kg/m³.

Keywords


beton ringan , batu apung, berat jenis

References


Ali, Jauharah Cut, 2009. Pembuatan Panel Beton Ringan Berbasis Perlit Dan Efek Komposisi Terhadap Karakteristiknya, Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan

Dedi, Akbar, 2018, Pengaruh Penggunaan Serat Terhadap Beton Ringan, Fakutas Teknik Universitas Indonesia.

Hendra.A, 2017, Penggunaan Debu Batu Sebagai Pengganti Pasir Pada Pembuatan Panel Beton, Skripsi, Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta

Hidayat,.2012, Pemakaian Abu Sekam Padi pada Pembuatan Beton Ringan, Skripsi, Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara

Indra, 2017, Penggunaan Debu Batu Dari Unit Pemecahan Batu Paya Meuneng Sebagai Pengganti Pasir Pada Pembuatan paving Block, Skripsi, Jurusan Teknik Sipil universitas Almuslim, Bireuen.

Jabir.M, 2018, Pengaruh Dimensi Agregat Kasar Batu Apung Pada Beton Ringan. Tugas Akhir,. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Mataram.

Mulyono, Tri. 2005. Teknologi Beton. Yogyakarta.

Mulia. 2016, Pembuatan Beton Dengan Penambahan Batu apung, Jurnal Teknik Sipil Vol. 14,No.1

Siregar.P, 2017, Studi pemamfaatan Serbuk Kayu Untuk Pembuatan Panel Beton Ringan. Tugas Akhir, Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v12i1.1826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Khairul Miswar

Creative Commons License

Portal: Jurnal Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2018 All rights reserved | ISSN 2085-7454 (print) | 2622-576X (online)