ANALISIS TINGKAT PELAYANAN KONSUMEN JASA ANGKUTAN UMUM BUS DAMRI DI KOTA BANDA ACEH

Cut Mutiawati, Lulusi Lulusi

Abstract


Kondisi angkutan umum yang tidak sesuai tuntutan pelayanan dan orientasi pengoperasiannya yang cenderung menjurus pada aspek finansial dibandingkan dengan aspek pelayanan masyarakat, menyebabkan angkutan umum ditinggalkan dan beralih ke kendaraan pribadi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kualitas pelayanan yang diberikan penyedia angkutan umumbus DAMRI pada rute Banda Aceh - Darussalam dan rute Banda Aceh-Bandara Sultan Iskandar Muda. Pengumpulan data dilakukan dengan survei menggunakan kuesioner kepada pengguna angkutan umum bus DAMRI pada kedua rute tersebut. Kualitas pelayanan dianalisis berdasarkannilai rerata (mean) masing-masing skor variabel yang diperoleh dari responden. Penilaian dilakukan dalam 5 skala pengukuran dari 1(sangat tidak baik), 2(tidak baik), 3(kurang baik), 4(baik) dan 5(sangat baik). Hasilnya diperoleh kualitas pelayanan angkutan DAMRI rute Banda Aceh menuju Darussalam termasuk kategori "kurang baik pada variabel aksesibilitas dengan mean jawaban responden sebesar 3,0. Pada variabel keamanan dan kenyamanan diperolehmean jawaban responden masing-masing 3,8 dan 3,6 termasuk kategori kualitas pelayanan baik". Pada rute Banda Aceh menuju Bandara kualitas pelayanan termasuk kategori "sangat baik* pada variabel keamanan dengan mean 4,3, sedangkan pada variabel aksesibilitas dan kenyamanan termasuk kategori baik dengan mean masing-masing 3,7 dan 4.1. Hasil korelasi menunjukkan kualitas pelayanan, kepemilikan kendaraan dan biaya tansportasi terhadap jumlah permintaan jasa angkutan DAMRI memiliki hubungan positif namun tingkat hubungannya sangat rendah* untuk rute menuju Darussalam dan hubungan *sedang" dan "kuat" untuk rute menuju bandara.


Keywords


tingkat pelayanan, bus DAMRI

References


Amaheka, S. G. M., 2001, Studi Kemampuan-kemampuan Membayar (Ability-Wilingness to Pay) Konsumen Jasa Angkutan Umum Bus DAMRI-PATAS AC di Kota Surabaya, Tesis, Manajemen dan Rekayasa Transportasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Kotler, P., (2000), Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat

Simamora, B., (2002): Panduan Riset Perilaku konsumen, Edisi Pertama, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung

Tamin, O.Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Bandung: Institut Teknologi Bandung

Warpani, S., (1990), Merencanakan Sistem Perangkutan, Bandung: Institut Teknologi Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v6i1.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Cut Mutiawati, Lulusi Lulusi

Creative Commons License

Portal: Jurnal Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2018 All rights reserved | ISSN 2085-7454 (print) | 2622-576X (online)