Inspeksi sambungan las pada pipa steam generator menggunakan metode radiography teknik panoramic (studi kasus di PT. Tachi Jino)

Muhammad Zaky, Syukran Syukran, Azwar Azwar

Abstract


Inspeksi Sambungan Las Pada Pipa Steam Generator Menggunakan Metode Radiography Teknik Panoramic (Studi Kasus Di PT. Tachi Jino) dengan membuat perhitungan Exposure Time menggunakan Komputasi. Tulisan ini membahas tentang Penyinaran menggukan teknik Panoramic pada sambungan las pada pipa steam generator yang berukuran 10 inchi (Schedule Pipe-40) yang ada pada PT. Cladteck Bi Metal, Batu Ampar, Batam, Kepualauan Riau. Tujuan dari Inspeksi ini adalah, melakukan Penyinaran dengan teknik panoramic, membuat kalkulasi menggunakan Komputasi pada perhitungan Radiography. Pengoprasian ini di lakukan dengan kamera Radiography tipe Gamma Ammersham 661 Co-60 yang berkapasitas 150 Ci. Dari hasil yang sudah diperhitungkan, waktu penyinaran (Exposure Time) yang digunakan adalah perhitungan dengan menggunakan Komputasi yaitu 81 detik dengan nilai film error 0,88 % lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan rumus teknik (manual) yaitu 71 detik dengan nilai film error sebesar 11,4 %. Pada proses penyinaran Radiography Operator menggunakan perhitungan Komputasi, dari hasil penyinaran yang diketahui bahwa pada posisi 0-15 terdapat Porosity yang cukup signifikan sehingga perlu adanya repair atau pengelasan kembali dan dinyatakan reject oleh Interpreter. Sedangkan pada posisi 15-30 memiliki las-lasan yang cukup memenuhi syarat, sehingga dinyatakan clear oleh Interpreter dan pada posisi 30-0 terdapat Lack Of Fusion yang cukup signifikan sehingga perlu adanya repair atau pengelasan kembali dan dinyatakan reject oleh Interpreter. Pada akhirnya hasil dari film sangat berpengaruh pada waktu Exposure Time.

Kata Kunci : Steam Generator, metode radiography teknik panoramic, kamera gamma ammersham   661 Co 60, exposure time, lack of Fusion


References


ASME V Code Sect. 5. 2005. Rumus Perhitungan Waktu Penyinaran Teknik Panoramic.

ASME V Code Sect. 5. 2005. Teknik Penyinaran Radiography.

Bagiyono. 2000. Inspeksi Sambungan Las Pada Pipa Steam Generator. Jakarta.

BATAN. 2009. Keselamatan Radiasi Dalam Penggunaan Peralatan Radiography Industri. Perka BAPETEN No. 7 Tahun 2009. Jakarta.

BSN. 2008. Proteksi Radiasi – Peralatan Untuk Radiography Gamma Industri. SNI ISO 3999;2008. Jakarta.

Gilang. 2002. Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Inspeksi Pipa. Jakarta.

Gilang. 2002. Teknik Penyinaran Radiography. Jakarta.

Gilang. 2002. Rumus Perhitungan Penyinaran Teknik Panoramic. Jakarta.

Irfandi Zulfi. 2014. Teknik Inspeksi Material Fe Pada Pengujian Radiographic Testing. Radiography Testing. Batam.

Jumpreno. 2012. Safety Testing Evaluation Of Industrial Radiography Gamma Camera Of Type Portable At PTKMR-BATAN. Jakarta.

Welding Inspector Course. 2007. Karakteristik Pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding).

Welding Inspector Course. 2007. Jenis- Jenis Cacat Las.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jpl.v15i2.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment



 

   

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.