Pengolahan produk pasca panen hasil perikanan di Aceh menggunakan teknologi tepat guna

Faisal Amir, Jumadi Jumadi

Abstract


Proses pengawetan ikan biasanya dilakukan dengan pengeringan. Proses pengeringan dilakukan dengan dua cara yaitu pengeringan alamiah dan pengeringan dengan menggunakan peralatan. Pengeringan alamiah atau dengan cara penjemuran langsung dari panas matahari masih mempunyai kelemahan-kelemahan, sehingga perlu kajian dan pengembangan terhadap sistem dan teknologi pengeringan. Pada kajian ini penulis melakukan penerapan teknologi dan peralatan pengeringan ikan dengan menggunakan bahan bahan bakar minyak tanah sebagai sumber energi panas. Peralatan pengering ini terdiri dari beberapa bagian utama yaitu ruang pembakaran, saluran udara panas, ruang pengering dan cerobong. Dari hasil penelitian distribusi tamperatur dalam ruang pengering sesudah memasukkan adalah 60-650 C dalam waktu pengeringan 360 menit. Berat ikan sebelum dikeringkan 100 kg dan sesudah dikeringkan menjadi 65,29 kg, bahan bakar yang di perlukan adalah 6.4 kg. Kadar air pengeringan ikan kayu dengan menggunakan bahan bakar gas mendapatkan kadar air akhir paling rendah yaitu sebesar 11,43 % sedangkan yang menggunakan bahan bakar minyak tanah 11,84% mendapat kadar air bahan bakar kayu mendapat kadar air paling tinggi yaitu sebesar 12,75 %.
Kata kunci: peralatan, distribusi temperatur, proses pengeringan.

References


 Kreith Frank, 1991, Prinsip-prinsip Perpindahan Panas, terjemahan Arko Prijono, Penerbit Erlangga, Jakarta.

 Bejan Adrian, 1993, Heat Transfer, Jhon Willey & Sons.Ink, Canada.

 Reynolds, Perkins, 1994, Thermodinamika Teknik, terjemahan Filino Harahap, Penerbit Erlangga, Jakarta.

 Holman J.P , 1984, Perpindahan Kalor, terjemahan oleh Jasjfie, Erlangga, Jakarta.

 Kastoer A Raldi, 1998, Perpindahan Kalor Konveksi, Laboratorium Perpindahan Kalor Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Jakarta.

 Fahrizal., 2002, System Pengering Iksn Dengsn Menggunaksn Bahan Bakar Gas Sebagai Sumber Energi Panas. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unsyiah, Banda Aceh.

 Roni Fahlefi., 2006, Analisa Kelayakan Ikan Keumamah Dengan Menggunakan Energi Panas Dari Bahan Bakar. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unsyiah, Banda Aceh.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jpl.v14i2.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment



 

   

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.