Pengendalian kualitas cacat scrap blown ban TBR 11R22.5 dengan metode QCC dan seven tools pada PT. Gajah Tunggal Tbk

Taufik Taufik, Edi Supriyadi, Riki Effendi

Abstract


PT. Gajah Tunggal Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur dengan produk ban untuk berbagai kendaraan dan kegunaan. Dalam proses produksi terhadap produk yang dihasilkan, masih terdapat produk cacat (khususnya cacat scrap blown) yang terjadi setiap hari dan bersifat fluktuatif, sehingga menyebabkan pengiriman produk kepada konsumen menjadi terlambat. Pada penelitian ini, penulis ingin mengatasi masalah tersebut dengan metode yang cocok untuk mengurangi cacat dan mengendalikan mutu produk adalah dengan menggunakan metode QCC (Quality Control Circle) dengan menerapkan langkah PDCA (Plan-Do-Check-Action) dan dengan alat bantu Seven Tools (Stratifikasi, Grafik Histogram, Diagram Pareto, Diagram Sebab-Akibat, Grafik Pengendali). Setelah dilakukan perbaikan dengan metode tersebut, hasilnya terbukti menurunkan rata-rata persentase cacat scrap blown dari 0.54% menjadi 0.16% dan menurunkan rata-rata persentase total cacat scrap dari 3.29% menjadi 1.70%. Untuk megurangi cacat scrap blown dibuatlah SOP baru sebagai acuan saat proses produksi dan tindakan lainnya untuk mengurangi cacat scrap produksi guna mencapai target scrap 1%. Jadi, faktor yang menyebabkan cacat scrap blown adalah material kurang atau tidak lengket dan hasil implementasi dengan metode QCC dibantu dengan alat bantu seven tools dapat mengurangi atau menurunkan cacat scrap blown dan persentase total cacat scrap.


Keywords


QCC (Quality Control Circle); Seven Tools; Cacat

Full Text:

PDF

References


Alkatiri H., Adianto. A., Novirani. D. 2015. “Implementasi Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Jumlah Produk Cacat Tekstil Kain Katun Di PT. SSP*”. Jurnal Manajemen dan Teknik Industri. Volume 3 Nomor 2.

Budi, 2008. “Pengendalian Kualitas Produk Snack Chiki Balls Di PT. IFL”. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Gaspersz, V. 2002. “Pedoman Implementasi Program QCC”. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gaspersz, V. 2005. “Total Quality Management”. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gerry, Budiastuti. D. 2014. “Penurunan Jumlah Cacat Produksi Melalui Pendekatan Seven Tools Of Quality Di PT. Cipta Lestari Packindo”. Jurnal Binus Business Review. Volume 5 Nomor 2.

Hendrawan A., Yustina dan Pailan, 2014. “Integrasi Penerapan Kaizen Dan Seven Tools Di PT. Gunawan Dianjaya Steel Tbk”. Jurnal Teknik Industri. FTUI-UPN Veteran Jawa Timur.

Kusuma. D. 2015. “Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Cacat Produk Dengan Metode Quality Control Circle (QCC) Pada PT. Restomart Cipta Usaha (PT. Nayati Group)”. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Lukmandono, 2006. “Analisis Metode Kerja Pada Pengilingan Rokok SKT Untuk Mengurangi Defect Pada PT. HM. Sampoerna Tbk”. Jurnal Manajemen dan Teknik Industri. Volume 3 Nomor 2.

Rachmawati. D., Ulkhaq M. 2015. “Aplikasi Metode Seven Tools dan Analisis 5W+1H untuk Mengurangi Produk Cacat Di PT. Berlina Tbk”. Jurnal Teknik Industri. Universitas Dipenogoro.

Schey, A. John. 2009. “Introduction to Manufacturing Processes”. Penerbit: Andi. Yogyakarta.

Susanto. D. 2017. “Analisis Kualitas Kemasan (Drum) Dengan Metode Gauge R&R Dan Taguchi Di PT. Kansai Prakarsa Coating Unit Resin”. Tangerang Selatan: Universitas Pamulang.

Sukanta, Surahman A., Abdulloh, 2013. “Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pemasangan Numbering Clock Dengan Pendekatan Metode Quality Control Cycle Perusahaan XYZ”. Jurnal Teknik Industri. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Sulaeman, 2014. “Analisa Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Produk Cacat Spidometer Mobil Dengan Menggunakan Metode QCC di PT. Indonesia Nippon Seiki”. Jurnal PASTI. Volume 8 Nomor 1.

Syobir A. dan Aulawi H, 2016. “Identifikasi Penyebab Kecacatan Pada Proses Pembuatan Alas Sandal Di PT. Mandala Logam”. Jurnal ISSN Volume 14 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jpl.v19i1.2008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

 

 

    

   

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

Mailing Address:

Politeknik Negeri Lhokseumawe

Jl. Banda Aceh-Medan
Km. 280,3, Buketrata, Mesjid Punteut, Blang Mangat,
Kota Lhokseumawe, 24301

Propinsi Aceh,
Indonesia