RANCANG BANGUN ROBOT LENGAN BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO

Syukranullah Syukranullah, Bukhari Bukhari, Ismi Amalia

Abstrak


Pada dasarnya, robot merupakan piranti mekanik elektrik yang bekerja secara otomatis yang terdiri dari mekanisme mekanik yang memiliki suatu kontrol elektris untuk melaksanakan tugas tertentu. Dalam perkembangannya, robot mulai digunakan dalam segala bidang tak terkecuali pada industri. Uray Ristian pada tahun 2013 telah melakukan penelitian yang berkaitan dengan pembuatan lengan robot pemindah barang yang berjudul “Visualisasi dan Pengendalian Gerak Robot Lengan 4 Dof menggunakan Visual Basic”. Permasalahannya yaitu lengan robot tersebut hanya digunakan untuk simulai pengambilan barang tanpa menghitung kemampuan- kemampuan penggerak untuk mengangkat terhadap beban yang diterima, Pemindahan barang tanpa mengetahui spesifikasi dari kemampuan robot itu sendiri akan menyebabkan proses pemindahan tidak akan berjalan dengan lancar dan akan menimbulkan risiko risiko kegagalan terhadap kinerja dan mekanisme robot itu sendiri. Skripsi ini akan membahas tentang menganalisa kemampuan aktuator setelah direduksi dengan roda gigi terhadap kinerja robot  yang menggunakan motor servo sebagai penggerak lengan dan merancang sistem kendali untuk mengontrol gerak robot lengan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences © 2006-2016 Asian Research Publishing Network (ARPN) Analisis Kinematika Graphically Of Hastobot Arm Robotik.

Uray Ristian ,Visualisasi Dan Pengendalian Gerak Robot Lengan 4 Dof Menggunakan Visual Basic Jurusan Sistem Komputer, Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura .

Damic, V[jekoslav]; Cohodar, M[aida] & Tvrtkovic, M[arko] (2016). Inverse Dynamic Analysis of Hobby Robot uArm by Matlab/Simulink.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2597-9140 (media online)

 

Hak Cipta © 2016 OJS Diberdayakan oleh IT P2M PNL
Designed By Harzukil