PABRIKASI PROTOTIPE PERAHU NELAYAN DARI BAHAN KOMPOSIT SANDWICH PLYWOOD POLIMER SERAT GELAS

Muhammad Arif, Azwar Azwar, Bukhari Bukhari

Abstrak


Pembuatan prototipe perahu nelayan dengan komposit sandwich plywood polimer serat gelas untuk mengetahui kekuatan tarik. Tulisan ini membahas tentang pelapisan plywood dengan serat gelas yang di lakukan penelitian untuk mengetahui kekuatan tarik dari bahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan kekuatan tarik dan mengetahui sambungan antara lembaran plywood terhadap kekuatan tarik. Ukuran perahu prototipe 1 meter dengan lebar 20 mm dengan rangka dari bahan kayu. Ketebalan plywood yang digunakan adalah 3,5 mm merek twinfish, dengan ketebalan lapisan polimer 0,75 mm pada masing-masing permukaan. Hasil yang didapatkan setelah mengkaji mengenai seberapa besar pengaruh pelapisan plywood dengan komposit polimer serat gelas menunjukkan bahwa pelapisan dengan polimer serat gelas dapat meningkat kekuatan tarik bahan plywood secara signifikan yaitu 58.02 MPa meningkat hingga 93.48 MPa. Sedangkan pada jenis sambungan antara lembaran yang di uji sangat layak dipakai karena secara umum tidak mengalami perbedaan yang berarti pada masing-masing bentuk sambungan. Hasil yang didapatkan komposit sandwich plywood polyester sambungan T yang tertinggi, tegangan tarik maksimum nya yaitu 108.58 MPa dan regangan nya 8.35 %  dan sambungan plywood polyester V dengan tegangan maksimum nya 101.03 MPa dan regangan nya 8.50% hanya ada perbedaan kecil pada kedua sambungan.

Kata kunci : prototipe,komposit sandwich,polimer,polyester

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Elymart Jastro, (2010). Kajian Perahu Tradisional Nusantara Di Museum Bahari, Program Studi Arkeologi, Fakultas Ilmu Pengeahuan Budaya Universitas Indonesia.

Utomo, Bambang Budi (ed). (2007). Pandanglah Laut Sebagai Pemersatu Nusantara. Jakarta. Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata RI.

Tata surdia, (1985). Pengetahuan Bahan Teknik, PT.Pradnya Paramita, Jakarta

ASTM D 570-98 (2010), Standart Test Method For Tensile Properties Of Reinforced Thermosetting Plastics Using Straight-Sided Spesimen.

Satrio Febrianto (2011), Penggunaan Metode Vacuum Assited Resin Infussion Pada Bahan Uji Komposit Sandwich Untuk Aplikasi Kapal Bersyap Wise-8, Universitas Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2597-9140 (media online)

 

Hak Cipta © 2016 OJS Diberdayakan oleh IT P2M PNL
Designed By Harzukil