KAJIAN PROTEKSI KATODIK (CATHODIC PROTECTION) PADA JARINGAN PIPA TRANSFER RWI (RIVER WATER INTAKE) DI PT. PIM (PUPUK ISKANDAR MUDA)

Rizki Fahmi, Jufriadi Bakri, Fakhriza Fakhriza

Abstrak


Jaringan pipa digunakan sebagai alat distribusi berbagai kebutuhan industri salah satunya adalah air untuk memenuhi kebutuhan pabrik dan komplek perumahan.Kebutuhan air ini disalurkan melalui pipa baja dari sungai yang terletak ±24 km dari lokasi pabrik yaitu di sungai Peusangan (Kabupaten Bireuen). Penelitian dengan judul “ Kajian Proteksi Katodik (Cathodic Protection) Pada Jaringan Transfer RWI (River Water Intake) di PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM), bertujuan untuk mengetahui tingkat korosifitas yang terjadi pada tiap-tiap test box pada masing-masing desa dan mendapatkan hasil yang dijadikan referensi untuk melakukan kegiatan maintenance pada jaringan pipa air baku.Prosedur peneletian yang dilakukan adalah dengan mengukur nilai potensial dan resistivitas tanah pada objek pipa RWI PT. PIM. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat lokasi test box yang tingkat korosifitasnya tinggi yaitu pada lokasi Desa Pinto Makmur dengan nilai potensial -850 mV, dan nilai resistivitas tanah 235,22 Ω.cm, dengan itu maka perlu pemantauan secara rutin pada lokasi ini dikarenakan kemungkinan besar terjadi korosi yang parah dan dikhawatirkan terjadi kegagalan pada pipa yang akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan maupun keresahan masyarakat setempat.

Kata Kunci: Cathodic Protection, Korosi, Potensial, Resistivitas Tanah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadlan wibowo,2015, Kajian Resiko Pipa Gas Transmisi PT. Pertamina Studi Kasus Simpang KM32- Palembang, jurnal teknik sipil dan lingkungan vol.3 no.1, maret 2015

Anonymous, 1988, sejarah PT. Pupuk Iskandar Muda, Lhokseumawe.

Dr. Ir. Bambang Widyanto, dan Dr. Ir. AchmadSulaiman, Cathodic Protection Level 1, Bandung, 2014.

Cramer S.D. and Jr. Covino B.S., ASM Handbook Volume 13A Corrosion: Fundamentals, Testing, and Protection, ASM International, 2003.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2597-9140 (media online)

 

Hak Cipta © 2016 OJS Diberdayakan oleh IT P2M PNL
Designed By Harzukil