RANCANG BANGUN MEKANISME PEMINDAH DAYA TURBIN VENTILATOR DENGAN KECEPATAN ANGIN 4 M/S

Sayuti Sayuti, Bukhari Bukhari, Muhammad Razi

Abstrak


Dewasa ini turbin angin sudah banyak digunakan untuk mengkonversi energi. Salah satunya adalah untuk merubah energi kinetik angin menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini biasanya digunakan untuk memutar poros  yang kemudian bias digunakan untuk beberapa hal sesuai dengan kebutuhan seperti memutar dinamo atau generator guna menghasilkan energi listrik. Pada dasarnya Turbin angin dikelompokkan kedalam dua jenis, yaitu Turbin angin horizontal dan Turbin angin vertikal. Turbinangin horisontal adalah model umum yang memiliki blade mirip propeller dan berputar pada sumbu vertikal.Turbinangin horisontal memiliki shaft rotor dan generator pada puncak tower dan harus diarahkan ke arah angin bertiup. Sedangkan Turbin angin vertical memiliki shaft rotor vertikal. Kegunan utama dari penempatan rotor ini adalah turbin angin tidak perlu diarahkan ke arah angin bertiup. Hal ini sangat berguna pada daerah dimana arah angin sangat variatif atau memiliki turbulensi.Turbin angin jenis vertical ini sudah banyak diaplikasikan dalam bentuk turbin ventilator yang biasanya digunakan untuk membuang udara panas dari suatu ruangan atau bangunan. Perputaran dari ventilator disebabkan karena adanya angin yang bergerak mendorong sudu-sudu turbin. Pergerakan angin ini akan terbelah menjadi dua aliran ketika mengalir melalui turbin ventilator. Satu aliran berada pada arah rotasi sehingga menjadikannya sebuah gaya untuk berotasi sedangkan yang lain berada pada arah yang berlawanan dengan rotasi dan menghambat rotasi dari turbin ventilator. Besarnya energi yang dapat ditransferkan ke rotor tergantung pada massa jenis udara, luas area dan kecepatan angin. Ketika turbin tertiup oleh angin, gaya angkat ke atas dan gaya hambat mengakibatkan turbin ventilator berotasi. Perputaran ini akan mengakibatkan tekanan di bawah turbin ventilator menjadi rendah sehingga udara yang terperangkap dalam gedung akan mengalir keluar. Artikel ini membahas tentang aplikasi turbin ventilator sebagai pembangkit energi listrik. Jenis turbin ventilator yang dibuat adalah berbentuk kubah menara masjid dengan diameter kubah 2 meter. Dua buah roda gigi dipakai untuk mentransmisikan putaran poros utama turbin turbin ventilator ke poros generator. Jenis generator yang digunakan dalam penelitian ini adalah ………. Dari hasil penelitian diketahui bahwa turbin ventilator akan berputar pada 33.6 rpm jika mendapat input angin dengan kecepatan 3.0 m/s. 36.4 rpm pada kecepatan angin 4.0 m/s. dan 44.2 rpm dengan kecepatan angin 4.7m/s. daya output  yang dihasilkan oleh generator 150 watt dengan torsi 20,736 N.m, 450 watt dengan torsi 27,648 N.m. dan 60 watt dengan torsi 138,728 N.m.

 

Kata Kunci: Turbin Ventilator, Mentransmisikan Daya



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Sumiati, D. A. Zamri, S. Pengajar, J. Teknik, M. Politeknik, and N. Padang, “Rancang Bangun Miniatur Turbin Angin Pembangkit Listrik Untuk Media Pembelajaran,” J. Tek. Mesin, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2013.

M. RAZI, N. SAFITRI, and BUKHARI, “Rancang Bangun Turbine Ventilator Model Kubah, Menara Mesjid sebagai Sumber Energi Baru DAN Terbarukan Untuk Menciptakan Kemandirian Energi,” 2018.

D. M. Najib Habibie, “Kajian Potensi Energi Angin Di Wilayah Sulawesi Dan Maluku,” Jakarta, Puslitbang BMKG, no. 2, pp. 181–187, 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2597-9140 (media online)

 

Hak Cipta © 2016 OJS Diberdayakan oleh IT P2M PNL
Designed By Harzukil