PEMBUATAN CETAKAN DAN PRODUKSI SUDU AERATOR KINCIR DARI BAHAN KOMPOSIT DENGAN VARIASI DIAMETER LUBANG

Muhammad Zamzami, Samsul Bahri, Jufriadi Jufriadi

Abstrak


Aerator kincir berfungsi sebagai penghasil aerasi yaitu meningkatkan oksigen yang masuk ke dalam air. Jumlah dan dimeter lubang sangat mempengaruhi kualitas aerasi, sehingga adanya upaya untuk memvariasikan diameter dan jumlah lubang yang terdapat pada sudu. sudu dengan jumlah lubang dan variasi diameter lubang tidak tersedia di pasaran oleh karena itu harus di produksi sendiri dari bahan komposit. Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain model sudu, cetakan sudu, memvariasikan diameter lubang, dan menghitung biaya produksi. Sudu merupakan komponen utama kincir disamping pelampung, gearbox, dan motor listrik. Sudu dibuat dengan metode hand lay up dengan 3 lapisan serat laminat. Pembuatan sudu tersebut membutuhkan  dua cetakan yaitu cetakan pemegang dan daun sudu. Cetakan tersebut dibuat berdasarkan dimensi produk yang akan dibuat dan disesuaikan dengan ketersediaan material serta kemudahan untuk proses produksi dengan dimensi cetakan 320 × 230 × 10 mm. Dimensi produk berbentuk persegi dengan ukuran 175 × 205 × 6 mm dengan variasi diameter lubang 10, 20, dan 30 mm. Cetakan daun sudu dibuat dengan bahan dasar kayu/papan sedangkan cetakan pemegang sudu dibuat dari bahan dasar aluminium dengan menggunakan proses pemesinan. Jumlah resin yang dibutuhkan untuk 1 set aerator sebanyak 2,4 kg dengan volume sudu 139.272,9 mm3. Total biaya keseluruhan untuk 1 kincir sebesar Rp 144.000,-kg. Sudu kincir telah dibuat dengan hasil yang memuaskan dan dapat dipasang dengan mudah pada rim kincir.

 

Kata kunci Aerator kincir, sudu, komposit, variasi diameter lubang, cetakan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Samsul Bahri et al 2019. The Ineffectiveness of Water Splash on Paddlewheel Aerator. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 268 012162

Diharjo, K. (2006). Pengaruh Perlakuan Alkali terhadap Sifat Tarik Bahan Komposit Serat Rami-polyester. Jurnal Teknik Mesin, 8(1), 8–13.

Ellyawan, S. A., & Wibowo, H. (2008). Modulus Elastisitas dan Modulus Pecah Papan Partikel Sekam Padi. Jurnal Teknologi Technoscientia. Vol 1, 1.

Savetlana, S. (2012). Sifat-sifat Mekanik Komposit Serat TKKS-Poliester. MECHANICAL, 3(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2597-9140 (media online)

 

Hak Cipta © 2016 OJS Diberdayakan oleh IT P2M PNL
Designed By Harzukil