RANCANG BANGUN ALAT DISTILASI ASAP CAIR SHELL BERTINGKAT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS ASAP CAIR

Suherman Suherman, Alfansuri Alfansuri

Abstrak


Meningkatnya penyalahgunaan bahan-bahan kimia berbahaya untuk pengawet berbagai bahan pangan dan produk olahan seperti formalin dan berbagai macam pengawet kimia lainya menjadi fokus perhatian yang memprihatinkan.   Pengawetan makanan alami dapat dilakukan dengan cara tradisional yaitu pengasapan, karena asap mengandung senyawa yang bersifat antibakteri, antioksidan, dan anti jamur.  Namun proses pengasapan menggunakan asap secara langsung memiliki beberapa kelemahan antara lain terdepositnya Tar pada permukaan makanan, sehingga berbahaya serta berpotensi pengaruh buruk untuk kesehatan dan juga menyebabkan pencemaran lingkungan.  Untuk menghindari proses pengasapan langsung dapat dilakukan dengan cara merubah asap menjadi cairan asap cair sehingga mempermudah penggunaanya dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan . Percobaan [4] dengan berbagai spesies kayu yang dipanaskan pada 400 oC menghasilkan sekitar 33-41% arang, 3-7% asam asetat, 1.5-2.5% metanol, 11-19% tar, dan 15-17% gas yang tidak dapat dikondensasi  Pada proses pengujian selama 60 menit dengan bahan baku 5 liter didapatkan data berupa suhu dan volume asap cair yang bervariasi. Mengatur suhu reaktor pada temperatur 105oC  menghasilkan volume asap cair pada destilator satu sebanyak 2.9 liter T= 33oC, destilator dua sebanyak 0.1 liter T=29oC sisanya 1.9 liter tetap tinggal dalam reaktor.

 

Kata kunci :  Pirolisis, asap cair , distilasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sansaka, Fajar Hary. 2013. Rancang Bangun Asap Cair Dari Tongkol Jagung Menggunakann Proses Pyrolisis. Universitas Tribhuwana Tunggadewi; Malang.

Maulana, A.S., Turmizi, Hamdani. 2018. Rancang Bangun Alat Distilasi Untuk Penyulingan Minyak Nilam. Jurnal Mesin Sains Terapan. No 1.Vol.2. e-ISSN 2597-9140.

Reta, Karolus Boromeus. 2013. Pembuatan Asap Cair Cari Tempurung Kelapa, Tongkol Jagung, Dan Bambu Menggunakan Proses Slow Pyrolisis. Universitas Tribhuwana Tunggadewi; Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2597-9140 (media online)

 

Hak Cipta © 2016 OJS Diberdayakan oleh IT P2M PNL
Designed By Harzukil