RANCANG BANGUN MESIN CNC DRILLING MENGGUNAKAN SISTEM KONTROL GRBL UNTUK PEMBUATAN LUBANG PCB

Mansur Mansur, Ilyas Yusuf, Marzuki Marzuki

Abstrak


Kemajuan teknologi saat ini semakin berkembang pesat dan telah memberikan dampak disegala bidang. di zaman sekarang ini, kita telah sering mendengar perkembangan mesin teknologi yang diciptakan sebagai alat mempermudah kegiatan  manusia dengan penggunaan teknologi computer kedalamnya sehingga berdampak pada penggunaan system otomas. sistem otomasi merupakan suatu teknologi yang berkaitan dengan aplikasi mekanik, elektronik dan system yang berbasis computer. Mesin CNC drilling ini adalah mesin perkakas yang berkerja dengan 3 sumbu x,y dan z. mesin cnc driling akan bekerja sesuai dengan pola gambar benda kerja yang dibuat dan dilengkapi dengan sistem kontrol  mikrokontroler digunakan untuk menerima g-code dari pc yang dikirim ke mikrokontroler yang selanjutnya di kontrol menggunakan GRBL controller untuk menggerakkan motor stepper.

 

Kata kunci : G-code,GRBL controler, driver motor, motor stepper, breakout board,ST-V3, power supply.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amala, M. (2014). Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi Mesin Milling CNC Trainer. Jurnal Teknik Mesin S-1, 2(3), 204–210.

Arthaya, B. M. (2011). pengembangan algoritma setting dan sub-routine pemrograman mesin cnc (milling)

Dwi, H., Sukma, J., Mesin, J. T., Teknik, F., & Jember, U. (2016). Optimasi Laju Pembuangan Material Aisi 1045 Pada Bubut CNC Dengan Metode Taguchi

Harrizal, I. S., Prayitno, A., Mesin, J. T., Riau, U., Bina, K., & Panam, W. (2017). Rancang Bangun Sistem Kontrol Mesin Cnc Milling 3 Axis, 1–8.

Herliansyah, M. K. (2003). Pengembangan CNC Retrofit Milling untuk Meningkatkan Kemampuan Mesin Milling Manual Dalam Pemesinan. Forum Teknik, 29(1), 62–70.

M.habiburrahman(2017). Perancangan mesin CNC (computer nomerical control) router dengan aplikasi Grbl 0.9 Control 3 axis sistem X.Y dan Z


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2597-9140 (media online)

 

Hak Cipta © 2016 OJS Diberdayakan oleh IT P2M PNL
Designed By Harzukil