RANCANG BANGUN RANGKA KONSTRUKSI DUDUKAN KINCIR ANGIN PENGGERAK POMPA DENGAN KETINGGIAN 6 METER UNTUK PENGAIRAN SAWAH

Fakhrur Rizal, Ali Jannifar, Hamdani Nurdin

Abstrak


Pada sektor pertanian penggunaan pompa air bahan bakar fosil sangat efektif untuk pengairan sawah karena membantu petani dalam proses pengontrolan air di sawah sehingga produksi padi akan terus meningkat tetapi penggunaan pompa berbahan bakar fosil memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat seperti meningkatnya biaya produksi. Berdasarkan pengamatan cuaca dalam beberapa tahun terakhir kecepatan angin yang berhembus di kabupaten Bireuen yaitu 4-7 Km/jam, maka dari itu pemanfaatan energi angin sebagai penggerak pompa melalui kincir angin sangat efektif sebagai pengganti pompa berbahan bakar fosil serta dapat  mengurangi biaya produksi petani. Pada proses pembuatan kincir angin penggerak pompa air, perhitungan kekuatan struktur kincir angin sangat penting karena struktur tersebut sebagai penopang berat dari kincir tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mendesain tower dan mengetahui tegangan kritis yang terjadi pada tower akibat beban blade. Pada penelitian ini, proses pembuatan tower dengan menggunakan material ASTM A36, menggunakan penyambungan dengan las dan baut dan tegangan yang terjadi dianalisa menggunakan softwere solidwork. Hasil dari simulasi tegangan dengan menggunakan softwere solidwork diperoleh tegangan maksimum yang diterima adalah sebesar 132.64  Mpa, sedangkan tegangan minimum yang diterima adalah sebesar 10.36 Mpa.

 

Kata kunci : Solidwork, Tower, ASTM A36


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[ 1 ] Gerinda Bosch. (2017). Gerinda Tangan Bosch Besar Dan Kecil - Penelusuran Google.

[ 2 ] Nakhoda, Y. I., & Saleh, C. (2015). Rancang Bangun Kincir Angin Sumbu Vertikal Pembangkit Tenaga Listrik Portabel, 59–68.

[ 3 ] Sulaiman. (2017). Apa Sih Tower Itu ?? Retrieved January 27, 2019, From Http://86engineering.Blogspot.Com/2011/05/Apa-Sih-Tower-Itu.Html


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2597-9140 (media online)

 

Hak Cipta © 2016 OJS Diberdayakan oleh IT P2M PNL
Designed By Harzukil