Pemodelan Sistem Radar untuk Mendeteksi Saluran Kabel Listrik di Bawah Tanah

Amir D., Indrawati Indrawati, Akhyar Akhyar

Abstract


Pemodelan sistem radar untuk mendeteksi kabel listrik di bawah permukaan tanah adalah sebuah deskripsi yang menjelaskan simulasi bagaimana sebuah gelombang radar berpenetrasi ke dalam tanah, hingga terjadinya pantulan akibat gelombang menemui suatu objek kabel listrik. Waktu tempuh dan panjang lintasan yang dilalui pada saat gelombang merambat di dalam tanah selanjutnya diterjemahkan kedalam besaran jarak, untuk mengetahui keberadaan kabel pada jarak berapa dari permukaan tanah.  Dalam pemodelan ini akan diambil 4 jenis tanah, yaitu pasir kering, pasir basah, lempung kering dan lempung basah. Pemodelan sistem radar ini merupakan sebuah bentuk pendekatan untuk melihat perilaku perambatan gelombang ke dalam tanah dan mekanisme pemantulannya, sehingga tingkah laku gelombang di dalam tanah dapat terlihat secara visualisasi melalui simulasi. Simulasi tersebut menggunakan beberapa model matematik yang digunakan untuk membangun aplikasi. Aplikasi dibangun dari penampilan bentuk grafis dan perhitungan yang meliputi waktu tempuh gelombang, kecepatan gelombang merambat dalam medium tanah dan estimasi jarak kabel listrik dari  permukaan tanah. Berdasarkan hasil pengujian model simulasi sistem radar pada ke-4 jenis tanah secara umum memiliki akurasi  minimum sebesar 99,68 % dan maksimum sebesar 100 % untuk setting Tx-Rx 1 meter, sementara untuk jarak Tx dan Rx 2 meter, model sistem radar memiliki akurasi minimum sebesar 98,84 % dan maksimum sebesar 100 %. Akurasi rata-rata pada jarak Tx-Rx 1 meter sebesar 99,71% dan 99,72% pada jarak Tx-Rx 2 meter. Deteksi jarak kabel listrik di bawah permukaan tanah dalam simulasi memiliki deviasi pengukuran yang sangat kecil, yaitu sebesar 0,29 % pada ke-4 jenis tanah yang diobservasi untuk jarak Tx-Rx sebesar 1 meter dan 0,28 % pada jarak Tx dan Rx sebesar 2 meter.

Kata Kunci: gelombang, pemodelan, simulasi, radar


Full Text:

PDF

References


Alindra, R., Wijanto, H. and Usman, K., 2017. Deteksi Bentuk Objek Bawah Tanah Menggunakan Pengolahan Citra B-Scan pada Ground Penetrating Radar (GPR). TELKA-Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol, 3(1), pp.73-83.

Prasetyo, A.D., 2009. Deteksi dan Estimasi Dimensi dan Lokasi Objek Bawah Tanah pada Aplikasi Ground Penetrating Radar (GPR) Berbasis Pengolahan Sinyal C-Scan.

Amir D., dkk. Rancang Bangun Radar untuk Mendeteksi Saluran Kabel Listrik di Bawah Tanah. Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro 2015. pp.108-115.

Beres, M. and Haeni, F.P., 1991. Application of Ground‐Penetrating‐Radar Methods in Hydrogeologie Studies. Groundwater, 29(3), pp.375-386.

Rumbaugh, J., Jacobson, I. and Booch, G., 2004. Unified modeling language reference manual, the. Pearson Higher Education.

Muhyi Yumarsono 2008. Deteksi Kabel Listrik Bawah Tanah dengan Otomata. https://www.researchgate.net/publication/319122377. diakses 12 Nopember 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v14i1.1237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.