Perancangan Sistem Kontrol Lampu dengan Memanfaatkan Teknologi Bluetooth pada Smartphone Android Berbasis Mikrokontroller ATMEGA328

Aprinal Adila Asril, Hadria Octavia, Yustini Yustini, Lifwarda Lifwarda

Abstract


Smartphone dengan sistem operasi Android semakin banyak tersedia di pasaran dengan harga yang semakin terjangkau. Sistem operasi Android sendiri bersifat sistem operasi open source yang dapat dimodifikasi sesuai dengan keperluan. Hal ini menumbuhkan minat untuk dapat membuat perangkat lunak yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Tugas Akhir ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan, yaitu mengontrol lampu, mengaktifkan dan menonaktifkannya lewat smartphone berbasis android dengan memanfaatkan modul bluetooth dan menjadikan android sebagai perangkat selular yang multifungsi, di samping alat komunikasi tapi juga sebagai perangkat untuk mengendalikan sebuah perangkat keras. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, sistem dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan. Program aplikasi Lampu Control yang dibuat dapat dijalankan di sistem operasi Android, dan dapat mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat driver lampu, dimana memakai 4 buah lampu. komunikasi data antara perangkat driver lampu dengan smartphone android berjalan dengan baik, Jarak jangkau sistem aplikasi kendali dapat mengontrol perangkat driver lampu tergantung spesifikasi perangkat bluetooth yang digunakan baik dari sisi penerima dan pengirim.

Kata kunci: Android, Lampu, Smartphone, modul bluetooth


Full Text:

PDF

References


http://:file.download2/relay DC/Bluetooth Module DiY-tech Blog.htm (diakses pada tanggal 3 agustus 2015)

Safaat, Nazruddin H. 2012. Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Budi, Pantjawati. 2014. Sistem Komunikasi Digital/MODUL DASAR TELEKOMUNIKASI.pdf.

Evan, Brian. 2011. Beginning Arduino Programming. Apress.

Iswanto. 2011. Belajar microcontroller AT89s51 dengan bahasa C. Penerbit Andi:Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v15i1.1108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.