Rancang Bangun Kontrol on/off Pemantik Api Kompor Gas Otomatis pada Mesin Pengolah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak Berbasis Mikrokontroller

Wildan Maulana, M. Kamal, Azhar Azhar

Abstract


Pembakaran sampah plastik dengan cara pembakaran dalam sebuah tabung reaktor menggunakan kompor yang manual telah banyak dirancang, tetapi kurang efektif sebab dengan pembakaran manual tidak bisa mengetahui berapa suhu panas yang telah dihasilkan didalam tabung reaktor dan waktu pembakaran yang harus terus dijaga untuk mematikan api pada kompor secara manual. penulis mencoba melakukan sebuah perancangan sistem kontrol ON/OFF pemantik api kompor gas secara otomatis pada mesin pengolahan plastik menjadi bahan bakar minyak dengan meletakkan sensor suhu thermocouple (Max6675) pada tabung reaktor untuk mendeteksi suhu, memasang motor dc power window untuk memutar pemantik api kompor ke kiri dari posisi 0o ke posisi 90o untuk membuka saluran gas dan putar balik dari 90o ke posisi 0o untuk menutup berdasarkan batas suhu yang telah di tentukan 148oC secara otomatis yang di kontrol menggunakan mikrokontroller arduino uno, waktu yang terhitung selama 120 menit membakar 500 gram sampah plastik menghasilkan 250 ml minyak tanah. Dengan adanya pengotomasian ini memudahkan pengontrolan pemantik api untuk menghidupkan dan mematikan api pada mesin dan bekerja sesuai dengan suhu yang telah di atur.

Kata kunci: Sensor suhu thermocouple, mikrokontroller dan mesin pengolah plastic menjadi bahan bakar minyak.


Full Text:

PDF

References


. Sumami, Ani Purwanti, 2008. Kinetika Reaksi Pirolisis Plastik Low Density Poliethylene (LDPE). Jurnal Teknik Kimia, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Aprian Ramadhan P, Munawar Ali, 2012. Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Minyak Menggunakan Proses Pirolisis. Jurnal Progdi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil Universitas Nasional Veteran Jawa Timur.

Hendra Prasetyo, Rudhiyanto, Ilham Eka Fitriyanto, 2010. Mesin PengolahLimbah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Alternatif. Jurnal Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Untoro Budi Surono, 2012. Berbagi Metode Konversi Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Janabadra Yogyakarta.

Abdul Syukur Alfauzi, Bambang Tjahjono, 2014. Uji Experiment Pengolahan Sampah Menjadi Bahan Bakar Alternatif. Jurnal Teknik Mesin, Politeknik Negeri Semarang.

Tinton Norsujianto, 2014. Konversi Limbah Plastik Menjadi Minyak Sebagai Bahan Bakar Energi Baru Terbarukan. Jurnal Teknik Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Tanah Laut.

Kadir, 2012. Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Dari Jenis Plastik PP, HDPE, PET , DINAMIKA. Jurnal Teknik Mesin, Vol 3, No.2, Kendari, Universitas Haluoleo.

Ermawati R, 2011. Konversi Limbah Plastik Sebagai Sumber Energi Alternatif. Jurnal Riset Industri, Vol 5, No.3, Balai Besar Kimia dan Kemasan, Kementrian Perindustrian.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v13i2.1070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.