Rancang Bangun Sistem Kendali dan Monitor Pintu Perlintasan Kereta Api secara Jarak Jauh

Ahmadi Ahmadi, M. Kamal, Muhaimin Muhaimin

Abstract


Pengendali berbasis PLC merupakan suatu teknologi yang memungkinkan suatu sistem dapat dikontrol secara otomatis. Semakin meningkatnya manusia dalam melakukan perjalanan, terutama dengan menggunakan transportasi darat berupa kereta api, maka tingkat keselamatan dalam perjalanan perlu mendapat perhatian. Pada mode transportasi kereta api, tingkat kecelakaan di palang pintu perlintasan sangat tinggi, disebabkan oleh palang pintu masih dioperasikan secara manual atau penjaga palang pintu yang lalai (human error). Dengan memanfaatkan teknologi PLC dan Vijeo Citect SCADA, dibuat seuatu prototype pada palang pintu perlintasan kereta api yang akan menutup dan membuka secara otomatis. Dengan memanfaatkan sensor proximity yang hanya dapat mensensing elemen logam sebagai pendeteksi objek kereta api. Sensor tersebut diletakkan ditengah rel kereta api dengan jarak 60 cm dari palang pintu hal ini disesuaikan dengan kecepatan dari kereta api. Sehingga pada saat sensor proximity 1 mendeteksi objek kereta api maka sensor akan mengirimkan sinyal ke PLC untuk menutup palang pintu dan membunyikan buzzer sebagai indicator kedatangan kereta api. Setelah kereta api melewati pintu perlintasan, sensor proximity 2 aktif dan mengirimkan sinyal ke kendali PLC untuk membuka palang pintu dan mematikan buzzer. Proses pengendalian dan monitor menggunakan software Vijeo Citect 7.20. Dimana pada SCADA ini dapat mengontrol dan mengamati proses tutup dan buka palang pintu. Pemanfaatan jaringan internet dimanfaatkan sebagai penghubung antara PC1 dengan PC2 sebagai proses monitor sistem yang berada pada PC1 pada pos jaga dengan PC2 di stasiun.

Kata Kunci : PLC, Pintu Perlintasan Kereta Api,  Monitor, SCADA


Full Text:

PDF

References


Afrizal Fikri, Ratna Susana dan Decy Nataliana, (2014). Monitoring Model Sistem Pengepakan dan Penyortiran Barang Berbasis SCADA. Karya Tulis Ilmiah Teknik Elektro : ITENAS Bandung.

Fahri Hasan Afandi, (2011). Monitoring dan controlling PLC (Progammable Logic Controller) menggunakan PC (Personal Computer). Karya Tulis Ilmiah Teknik Elektro : UNS.

Marwan, Abdul Ibrahim, (2015). Prototipe Pintu Lintasan Rel Kereta Api Otomatis. Karya Tulis Ilmiah.

Wilfrid Sahputra Girsang dan Fakhruddin Rizal Batubara, (2014). Perancangan dan implementasi pengendali pintu otomatis berbasis arduino. Karya Tulis Ilmiah Teknik Elektro : FT USU.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v13i2.1066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.