Rancang Bangun Sistem Kendali pada Proses Penyulingan Minyak Pala untuk Optimasi Energi

Syamsul Syamsul, Rudi Syahputra, Suherman Suherman

Abstract


Salah satu komoditas yang paling banyak diperdagangkan dari buah pala (Myristica fragrans houtt) adalah minyak pala yang berasal dari buah pala. Harga minyak pala dipasaran dunia sangat ditentukan oleh kualitas minyak pala yang dihasilkan. Proses penyulingan (distilasi) agar dapat menghasilkan minyak pala yang berkualitas baik memerlukan pengaturan suhu dan tekanan uap tepat. Sistem penyulingan minyak pala yang ada sudah banyak digunakan tetapi permasalahan yang masih terjadi adalah sistem penyulingan minyak pala belum memperhitungkan energi yang digunakan secara optimal. Diperlukan suatu sistem modifikasi menggunakan kontrol agar pengaturan kebutuhan energi dalam proses penyulingan dapat dikendalikan. Optimalisasi pemakaian energi akan berdampak pada solusi alternatif penggunaan bahan bakar berbasis energi listrik terbarukan dapat diterapkan pada sistem penyulingan. Untuk melakukan optimalisasi penggunaan energi dilakukan dengan mendesain sistem kontrol berbasis elektronik terhadap parameter yang dominan yaitu suhu dan tekanan uap dan berat buah pala yang akan disuling. Suhu dan tekanan uap saling berkaitan pada sistem ini, perubahan suhu seiring dengan perubahan tekanan uap. Jarak bahan dengan uap air perlu dikontrol agar berjarak tetap agar tekanan uap pada bahan tetap tinggi. Untuk mendapatkan sistem seperti ini dilakukan penelitian dan penelitian dibagi dua tahap yaitu tahap satu pembuatan sistem dengan fokus pada sistem kontrol untuk mendapatkan optimasi energi dan tahap dua mengganti sumber energi berbasis bahan bakar pada sistem dengan sumber energi alternatif lainnya. Sistem penyulingan minyak pala hasil penelitian ini sudah mampu mengendalikan suhu dan tekanan secara otomatis. Pengontrolan yang dilakukan dengan mengendalikan katup bahan bakar (digunakan gas) sehingga diperoleh optimasi penggunaan energi sebesar 14,87%.

Kata kunci: penyulingan(distilasi), pengontrolan, suhu, tekanan, optimasi energi


Full Text:

PDF

References


Ketaren, S, 1985, Pengantar Teknologi Minyak Atsiri, Balai Pustaka, Jakarta.

McCabe, Warren L, Julian C. Smith, and Petter Hrriott, 2001, Unit Operations of Chemical Engineering, Mc Graaw-Hill Companies, Inc Primis Custom Publisisng.

Nurdjannah Nanan, 2007, Teknologi Pengolahan Pala, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian.

Prasetyo Danar Andri, 2009, Efisiensi Energi dan Kinerja Prototipe Alat Penyulingan Minyak Pala Berbahan Bakar Kayu, Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Sakiah Siti, 2006, Modifikasi Proses Penyulingan dengan Variasi Tekanan Uap untuk Memperbaiki Karakteristik Aroma Minyak Pala, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Rismunindar, 1992, Budidaya dan Tata Niaga Pala. Penebar Swadaya, Jakarta.

Satyadiwiria, Y, 1979, Pembuatan Minyak Atsiri, Dinas Pertanian, Medan.

Schaneberg. B.T dan Ikhlas A. Khan, 2002, Comparison of methods for marker compound in essential oil of lemon grass by GC. Journal of Agricultural and food chemistry, The Univercity of Misisippi, USA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v13i2.1063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.