Aplikasi Mikrokontroler AVR ATMEGA 8535 dan Sensor Ultrasonic SRF04 pada Sistem Peringatan Dini Banjir Berbasis SMS

Syamsul Syamsul, Sri Yeni Widianti

Abstract


Bencana banjir sering melanda suatu kawasan diakibatkan oleh tingginya curah hujan. Banjir datang secara tiba-tiba dan dapat terjadi waktu siang atau malam hari. Kejadian yang tiba-tiba ini dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar baik harta maupun jiwa. Disebabkan kejadiannya yang tidak diketahui maka diperlukan suatu sistem peringatan yang dapat memberikan informasi banjir secara dini. Peringatan dini terhadap banjir dapat disebarluaskan kepada masyarakat yang terdampak dalam waktu yang cepat, dengan memanfaatkan media SMS (Short Message Service). Oleh karena itu SMS dapat dijadikan media dalam pemberitahuan level air pada pintu air sungai melalui jarak jauh sehingga dapat dijadikan peringatan dini. Pada penelitian ini dibuat suatu purwarupa sistem peringatan dini bencana banjir dengan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler Atmega 8535 untuk mendeteksi ketinggian level air. Hasil yang terdeteksi oleh sensor diproses menggunakan board mikrokontroler Atmega 8535. Data nomor handphone yang tersimpan pada mikrokontroler Atmega 8535 via SMS. Hasil pengujian menunjukan bahwa prototype sistem peringatan dini bencana banjir berhasil dibuat dan peringatan dini dapat diberitahukan melalui SMS. SMS hanya dkirimkan ke nomer handphone yang telah diinputkan dalam program pada alat ini. Selain melalui SMS peringatan bencana juga melalui buzzer.

Keyword: Bencana banjir, Peringatan dini banjir, Mikrokontroler Atmega 8535, SMS


Full Text:

PDF

References


Agfianto Eko Putra. 2010. Mudah Menguasai Pemrograman Mikrokontroler Atmel AVR menggunakan BASCOM-AVR. Kelompok Riset DSP dan Embedded Intelligent System, ELINS Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.

Andi Riski Alvianto dan Darmaji, 2015, Pengaman Pengiriman Pesan Via SMS dengan Algoritma RSA Berbasis Android, Jurnal Sains Dan Seni ITS Vol. 4, No.1, (2015) 2337-3520 (2301-928X Print).

Aryanto, dkk, 2015, Perancangan Sistem Peringatan Dini Bencana Banjir Berbasis Mikrokontroler Atmega328 Dan SMS Gateway Pada Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru, Prosiding SNIT 2015: Hal.A-282.

Rozidi, dan Rozi Imbron., 2004, Membuat Sendiri SMS Gateway (ESME) Berbasis Protokol SMPP. Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v13i1.1054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.