Rancang Bangun Pengendalian Pembuatan Lilin Aromaterapi Berbasis Programmable Logic Controller

M. Saddam Hussein, M. Kamal Hamid, Aidi Finawan

Abstract


Lilin aromaterapi merupakan aplikasi lain dari cara inhalasi atau penghirupan aromaterapi yang biasa dilakukan dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam wadah berisi air panas. Sekarang ini proses pembuatan lilin aromaterapi tidak dikendalikan secara otomatis, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang pengendalian proses pembuatan lilin aromaterapi secara otomatis dengan menggunakan PLC OMRON CP1E type N. Berdasarkan hasil penelitian maka di peroleh hasil yaitu untuk mendapatkan produk lilin aromaterapi diperlukan proses pemanasan selama 15 menit, agar paraffin wax padat mencair dengan sempurna. Suhu yang diperlukan untuk mencairkan paraffin wax padat dan mencampurkan pewarna pada tangki 2 sebesar 70ºC, kemudian suhu yang diperlukan untuk mencampurkan paraffin wax yang sudah cair dengan minyak esensial pada tangki 3 sebesar 40ºC. Dalam proses pengadukan pada tangki 2 diperlukan waktu selama 10 menit dan pada tangki 3 diperlukan waktu selama 5 menit . Setelah proses pengolahan lilin aromaterapi selasai maka dilakukan pencetakan sebanyak 3 kali pada cetakan gelas kaca, dan proses pemadatan lilin aromaterapi diperlukan waktu selama 45 menit.

Kata Kunci: Lilin, PLC, Esensial, Paraffin

Full Text:

PDF

References


D.Petruzella. Frank, 1996, Elektronika Industri. Terjemahan Sumanto, Edisi Ke-II. Andi. Yogyakarta.

Hamdani, Hilarious Wibi, 2004, Dasar-Dasar Elektronika. PT Gelora Aksara Pratama.

Monica, Doris. 2003. Perbedaan Komposisi Bahan Konsentrasi dan Jenis Minyak Atsiri Pada Pembuatan Lilin Aromaterapi, Skripsi, Institut Pertanian Bogor.

Raharja, Sapta, 2006, Pengaruh Perbedaan Komposisi Bahan Konsentrasi Dan Jenis Minyak Atsiri Pada Pembuatan Lilin Aromaterapi, Jurnal Teknolagi Pertanian, Vol 1, No 2 ISSN 1858-2419, Bogor.

Roswaldi, 2008, Sensor dan Transduser, Politeknik Negeri Padang.

William, Bolton. 2004, Programmable Logic Controller (PLC), Edisi Ketiga, Terjemahan Irzam Harmein. Jakarta : Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v13i1.1050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.