IBM Teknologi Terapan Bagi Petani sebagai Usaha Mencegah Serangan Hama Burung Pipit di Desa Blang Awe Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara

Amir D, Indrawati Indrawati, Akhyar Akhyar

Abstract


Kecamatan Syamtalira Bayu merupakan salah satu Kecamatan yang berada di dalam Wilayah Kabupaten Aceh Utara yang mempunyai 38 desa. Satu desa diantaranya adalah desa Blang Awe, desa ini memiliki 3 dusun, yaitu Dusun Timur, Dusun Teungoh dan Dusun Barat, potensi desa ini adalah sawah. Secara keseluruhan kecamatan Syamtalira Bayu memiliki luas area 7.753 m2, daerah ini memiliki luas persawahan sekitar 1.408 m2 dan luas lahan bukan persawahan sebesar 6.345 m2. Luas baku sawah yang dialiri irigasi sebesar 1.356 m2 dan luas sawah tadah hujan sebesar 52 m2. Rata-rata musim tanam dan musim panen pada desa di atas, minimal dua kali setahun, sehingga daerah ini merupakan salah satu lumbung padi yang dimiliki Kabupaten Aceh Utara. Salah-satu kendala yang dihadapi oleh petani setiap musim tanam adalah serangan hama burung pipit. Hama burung pipit, pemberantasannya sangat sulit, karena berkoloni dan berpindah-pindah, dan menghalaunya memerlukan waktu yang sangat banyak. Permasalahan di atas merupakan peluang bagi perguruan tinggi dan pengusul, agar dapat membantu memberikan solusi. Adapun solusi yang ditawarkan adalah penggunaan teknologi terapan pengusir hama burung pipit menggunakan gelombang ultrasonik menggunakan sensor infra merah. Gelombang ultrasonik dibangkitkan secara otomatis, melalui sensor yang mendeteksi kedatangan hama burung pipit yang menuju persawahan maksimum sejauh 20 meter. Jika terdeteksi ada hama burung yang menuju ke areal persawahan, maka alat pengusir akan aktif membangkitkan gelombang elektrosonik dengan frekuensi 29 KHz. Jarak gelombang ultrasonik bekerja sejauh 50 meter dari pusat pemasangannya. Implementasi dari kegiatan tersebut berdampak pada kenaikan hasil panen sebesar 10% dari hasil panen yang pernah dicapai pada tahun 2013. Penerapan teknologi pada kegiatan IbM meningkatkan hasil tarap hidup petani dengan meningkatnya produksi hasil panen mereka sebesar 3,75% disbanding hasil panen tahun 2013. Realisasi kegiatan IbM diharapkan kegiatan IbM ini, dapat membantu petani menangulangi masalah prioritasnya yang dihadapinya  dan sawahnya dapat menghasilkan panen yang optimal.

Keywords : Hama  burung, gelombang  ultrasonic, sensor


Full Text:

PDF

References


Summariadi dkk, 2013, Aplikasi Mikrokontroler AT89S52 Sebagai Pengontrol Sistem Pengusir Burung Pemakan Padi Dengan Bunyi Sirine, Jurnal Fisika Unand Vol. 2, No. 1, Januari 2013, ISSN 2302-8491, 64-71

BPS Aceh Utara, 2012, Luas Baku Sawah Yang Dialiri Menurut Kecamatan. Pemenerintah Daerah Aceh Utara.

Bambang, 2012, Pengendalian Populasi Burung Pipit dan Manyar, Rambate Rata Raya Kabupaten Asahan.

Husein, A., dan Basuki B., 2009, Analisis Karakteristik Frekuensi Akustik Burung Yang Berkeliaran di Daerah Landasan Pacu Bandara: Soekarno-Hatta, Juanda dan Ngurah Rai, laporan penelitian ilmiah, Puslit KIM-LIPI, Tangerang.

Indelektro, 2013, Rangkaian Elektronika, elektronika dasar, komponen Elektronika, www.electronic-diagrams.com




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/litek.v13i1.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Published by:
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Buketrata, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia - 24301
ISSN: 1693-8097, E-ISSN: 2549-8762

Creative Commons License
Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika by Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/litek.