PENENTUAN PERGERAKAN NON-PLAYER CHARACTER MENGGUNAKAN ALGORITMA A* PADA GAME ACTION- ROLE-PLAYING GAME

Atthariq Atthariq, Dimas Ariandy Putra

Abstrak


Abstrak— Game adalah salah satu bentuk dari animasi interaktif dimana player dapat berinteraksi dengan dunia game. Dalam sebuah game, salah satu unsur yang dapat dianggap penting untuk mendukung jalannya game dan realitas dari dunia game adalah NPC (Non-Player Character). NPC dapat membuat sebuah game menjadi lebih nyata dari segi cara Perpindahannya, maka dibutuhkan suatu algoritma pathfinding yang mampu membuat NPC tersebut melakukan perpindahan layaknya suatu makhluk hidup berpindah di dunia nyata. A*(A-Star) adalah algoritma pencarian yang dapat digunakan untuk melakukan pathfinding, dalam hal ini A Star akan digunakan untuk mencari suatu jarak terpendek antara NPC dan karakter player. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan percobaan terhadap implementasi algoritma A* pada lingkungan game.

Kata kunci—NPC (Non Player Character), pathfinding, Algoritma A Star, Game


Abstract— Game is one form of interactive animation where the player can interact with the gaming world. In a game, one element that can be considered important to support the game and the reality of the game world is NPC (Non-Player Character). NPC can make a game becomes more real in terms of way of movement, then it takes a pathfinding algorithm that is able to make the NPC move like a living creature. A * (A-Star) is a search algorithm that can be used to perform pathfinding, in which case A Star will be used to find a shortest Path between NPC and player character. This research was conducted to experiment on the implementation of A* algorithm in game environment.

Keywords— Game, A* Algorithm, NPC, pathfinding Algorithm


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30811/.v2i2.516

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Hak Cipta (c) 2018 Jurnal Infomedia