ANALISIS TRANSFORMASI STRUKTUR EKONOMI DALAM PEMBANGUNAN REGIONAL DI KABUPATEN ACEH BESAR

Khairul Aswadi, Azhari Azhari

Abstrak


Abstrak : Penelitian ini berjudul Analisis Transformasi Struktur Ekonomi dalam Pembangunan Regional di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan terkait dengan, Kontribusi sektor primer, sekunder dan tersier dalam struktur perekonomian Kabupaten Aceh Besar, dan bagaimana transformasi struktur ekonomi dalam pembangunan regional di Kabupaten Aceh Besar.  Formula yang digunakan untuk menganalisis transformasi struktur ekonomi dalam pembangunan regional di Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan analisis Shift-Share Estaban-Marquillas (E-M). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Periode 2010-2013 di Kabupaten Aceh Besar kontribusi sektor primer dan sekunder terus mengalami penurunan peranannya terhadap pembentukan PDRB, sedangkan sektor tersier terus mengalami peningkatan perannya, hal ini jelas menggambarkan adanya transformasi atau pergeseran struktur ekonomi. Dalam beberapa tahun terakhir Sektor tersier merupakan sektor yang memberikan kontribusi terbesar bagi perekonomian Kabupaten Aceh Besar. Sedangkan, hasil analisis Shift-Share Kabupaten Aceh Besar, periode 2000-2013 terdapat enam sektor ekonomi yang mengalami pergeseran, yaitu sektor pertanian, dan sektor industri pengolahan, serta sektor listrik dan air bersih dari posisi tidak kompetitif dan berspesialisasi (kuadran 1) menjadi tidak kompetitif dan tidak berspesialisasi (kuadran 2). Selanjutnya sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor keuangan, real estate dan  jasa perusahaan dan sektor jasa-jasa pada akhir periode ketiga sektor tersebut mengalami pergeseran dari keunggulan kompetitif dan tidak berspesialisasi (kuadran 3) menjadi memiliki keunggulan kompetitif dan berspesialisasi (kuadran 4). Selanjutnya, sektor pertambangan dan  penggalian dan sektor pengangkutan  dan komunikasi tidak mengalami perubahan masih berada pada (kuadran 1) dan sektor konstruksi masih pada posisi (kuadran 4) di akhir periode observasi.

Kata Kunci: Transformasi Struktur Ekonomi, Pembangunan Regional, Analisis Shift-share


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ahmad, Djakfar., (2001). “Pergeseran Posisi Kompetitif dan Spesialisasi dalam Perubahan Struktur Produksi Regional Aceh”. Mon Mata, No.43 h.13-26.

Kuncoro, M., (2010) Ekonomika Pembangunan: Masalah, Kebijakan, dan Politik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kuncoro, M., (2006) Ekonomika Pembangunan: Teori, Masalah, dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Richardson, Harry W, (2001). Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi Regional, Terjemahan Paul Sitohang, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit FE UI, Jakarta.

Sjafrizal. (2009). Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Baduose Madia.

Sjafrizal. (2014). Ekonomi Wilayah dan Perkotaan. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Todaro, M.P., (2006). Pembangunan Ekonomi. Edisi Kesembilan Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tambunan, Tulus T.H (2001). Perekonomian Indonesia: Teori dan Temuan Empiris. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/.v16i2.467

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.