KUALITAS PEREMPUAN PEKERJA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Ditinjau dari Pendidikan, Usia dan Pendapatan)

Zusma Widawaty, Elvina Elvina

Abstrak


Abstract: Perempuan saat ini memiliki peran ganda, yaitu mengurus rumah tangga dan bekerja.Banyak perempuan yang memilih berkarir sekaligus tetap menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga yang berusaha mencari penghasilan tambahan untuk membantu suaminya.  Jika perempuan pekerja tetap bisa membagi waktu dan memprioritaskan keluarga maka pekerjaan tidak akan mengganggu rumah tangganya.  Untuk itu, seorang perempuan harus berusaha menyalurkan kemampuannya untuk bekerja tanpa melupakan kodrat yang telah dibawa sejak lahir sebagai ibu sekaligus istri. Penelitian ini memiliki tujuan khusus untuk mengetahui kualitas  perempuan pekerja di Kota Lhokseumawe yang dilihat dari pendidikan, usia dan pendapatan.  Populasi dalam penelitian ini sebanyak 873 perempuan pekerja di jasa keuangan/perbankan dan jasa kesehatan.  Dari populasi tersebut terpilih sampel sebanyak 262 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling atau sampel acak sederhana. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner terhadap sampel yang terpilih. Teknik analisis data menggunakan  uji validitas dan reliabilitas, crosstab atau tabulasi silang dan uji ketergantungan dengan Chi Square Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan mempunyai hubungan dengan  perempuan pekerja dalam memilih pekerjaan yaitu dalam bidang jasa keuangan dan jasa kesehatan.Tingkat usia yang matang yang dimiliki oleh pekerja perempuan mempunyai hubungan dengan jenis pekerjaan yang dipilih terutama dalam bidang jasa keuangan dan jasa kesehatan.  Pendapatan yang diterima oleh perempuan pekerja di Kota Lhokseumawe juga mempunyai hubungan dengan jenis pekerjaan yang dipilih terutama dalam bidang jasa keuangan dan jasa kesehatan. Pendapatan yang dimiliki oleh perempuan pekerja di Kota Lhokseumawe sangat membantu keluarga perempuan pekerja dalam rangka meningkatkan pendapatan atau kesejahteraan keluarga.

Kata Kunci:  Perempuan pekerja, pendidikan, usia, pendapatan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andriani, Leti. 2011. Wanita Karir dalam Perspektif Islam, (Online), diakses 24 Februari 2017.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan 1, edisi 4 Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Dharma, Willieano Satya. 2014. Pelecehan Seksual pada Wanita di Tempat Kerja. Jurnal Universitas Gunadarma, (Online), (http://www.gunadarma.ac.id, diakses 24 Februari 2017).

Ihromi, Omes. 1990. Wanita Bekerja dan Masalah-Masalahnya. Jakarta : Pusat Pengembangan Wanita.

Kardamo, S. 1988. Manajemen Wanita Bekerja yang Efektif. Jakarta : Balai Pustaka.

Majid, Fitria. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Perempuan Berstatus Menikah untuk Bekerja (Studi Kasus: Kota Semarang). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Diponegoro.

Munandar, SC Utami. 2001. Wanita Karier : Tantangan dan Peluang. Yogyakarta : Sunan Kalijaga Press.

Nuswantari. 1998. Pengantar Demografi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suyatno. 2009. Pendidikan Karakter. Jakarta: Elex Media Computindo.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. (Online), (http://hukum.unsrat.ac.id).

Yusticia, Aulia. 2012. Hak Wanita dalam Pekerjaan, (Online), diakses 24 Feb 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/.v17i1.359

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.