PENGARUH KARAKTERISTIK MAHASISWATERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK PERBANKAN SYARIAH DENGAN METODE PRAKTIK BEROTASI
Sari
Penelitian ini bertujuan agar dilakukan kebijakan untuk menggunakan metode pembelajaran praktik berotasi sesuai dengan karakter mahasiswa sehingga pembelajaran belangsung dengan efektif. Target khusus penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh karakter mahasiswa terhadap efektifitas pembelajaran mata kuliah praktik perbankan syariah dengan model berotasi dan karakter bagaimana yang paling efektif menggunakan metode tersebut. Metode pengolahan data pada penelitian ini adalah menggunakan uji beda paired sampel t-test. Hasil Penelitian menunjukkan Karakter mahasiswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap efektifitas pembelajaran mata kuliah praktik perbankan syariah dengan metode praktik berotasi dibandingkan metode praktik konvensional, Metode praktik berotasi pada mata kuliah praktik perbankan syariah dan efektif memberikan pemahaman kepada mahasiswa dengan karakter introvert maupun ekstrovert serta mampu membentuk nilai mahasiswa pada matakuliah prakik bank syariah dengan sangat baik, Metode praktik konvensional pada mata kuliah praktik perbankan syariah mampu membentuk pemahaman mahasiswa tentang kegiatan perbankan syariah namun belum efektif untuk membentuk nilai pemahaman mahasiswa dengan sangat baik.
Kata Kunci: Karakteristik, Mahasiswa, Efektivitas, Pembelajaran, Praktik, Perbankan, Syariah, Berotasi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asrizal. 2013. Nilai Karakter Mahasiswa Dalam Pembelajaran Aktif Dengan Tugas Berbasis Media Video Phy 2048 dan Phy 2049 Mata Kuliah Bahasa Inggris Untuk Fisika. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatira Ak, Marlya dan Anriza Witi Nasution. 2016. Effectiveness in Learning Islamic Banking Practice Subject with Rotation Method in Medan State Polytechnic. Proceeding: Revitalitation of Vocational in Free Trade Area (ICERVED) 2016.
Hariyanto. 2011. Macam-macam mMetode Pembelajaran. http://belajarpsikologi.com/macam-macam-metode-pembelajaran/. Diunduh tanggal 14 Juni 2016.
Kholida A. Rostnani. 2015. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Praktik Berotasi Berbasis Pembelajaran Tim pada Pelajaran Kejuruan Memperbaiki Sistem Pengisian di SMK Karya Mandiri Garung Wonosobo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol.06/No.02/Juni 2015. ISSN:2303-3738.
Ladislaus Naisaban. 2003. Psikologi Jung: Tipe Kepribadian Manusia dan Rahasia Sukses Dalam Hidup (tipe kebijaksanaan Jung). Jakarta : PT Gramedia.
Mursyid R. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi. Cakrawala Pendidikan, Februari 2013, Th. XXXII, No. 1.
Nurdin, Syafruddin, Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. 2014. Model-model pembelajaran: mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sujatna, Yayat. 2012. Efektivitas Pembelajaran Ekonomi Islam di STIE Ahmad Dahlan Jakarta. Jurnal Liquidity Vol.1 No.2 Juli-Desember 2012.
Winarni, Restu. 2015. Pengaruh Karakteristik Tipe Kepribadiandan IPK Terhadap Kecemasan Berkomputer Mahasiswa Akuntansi dalam Menggunakan Software Akuntansi dengan Locus of Control sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakart
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/.v17i1.351
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexing by : | |
---|---|
ALAMAT KANTOR REDAKSI : Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3 Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785) Phone : 085220281520 Email: ekonis@pnl.ac.id |