RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH PINTAR PADA GEDUNG JURUSAN TEKNIK ELEKTRO BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO MEGA 2560

Rachmat Farhan, Muhaimin Muhaimin, maimun maimun

Abstract


Pada bak pembuangan sampah, biasanya manusia menggabungkan sampah logam dan sampah nonlogam dalam satu wadah sehingga sampah tidak terorganisir dengan baik. Perancangan tempat sampah pintar ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam pemilahan sampah, sehingga sampah dapat dipisahkan berdasarkan jenisnya yaitu sampah logam, sampah nonlogam basah dan kering. Pada perancangan ini menggunakan sensor proximity induktif untuk mendeteksi sampah logam dan sensor proximity kapasitif untuk mendeteksi sampah nonlogam basah dan kering. Sensor ultrasonic untuk mendeksi level sampah dari masing-masing penampung sampah dengan jarak deteksi 10 cm. Dilengkapi dengan LCD 16x2 untuk menampilkan jenis sampah yang telah dipilah dan GSM Modul SIM800L yang akan memberikan notifikasi pemberitahuan kepada petugas kebersihan apabila bak sampah telah penuh melalui Short Massage Service (SMS). Jika ada sampah yang masuk maka sensor akan mendeteksi jenis sampah kemudian motor servo menggerakan sampah kearah bak sampah yang sesuai dengan yang telah terdeteksi, kemudian akan tampil jenis sampah pada LCD. Apabila bak sampah terdeteksi sudah penuh, maka akan ada informasi berupa SMS kepada petugas kebersihan untuk membuang sampah. Hasil dari rancang bangun tempat sampah pintar ini yaitu proses pememilahan sampah lebih efisien dan memudahkan kinerja petugas kebersihan dalam hal pengangkutan sampah yang sudah penuh tanpa perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu, karena jika bak sampah telah penuh maka akan ada informasi bak sampah penuh yang akan dikirim melalui SMS kepada petugas kebersihan.

Kata kunci : GSM Modul SIM800L, sensor proximity induktif, sensor proximity kapasitif, sensor ultrasonic,


References


Dyah Agustin. 2015. Makalah Sensor Proximity. (online) Tersedia : www.academia.edu /10156601/makalah_proximity. Diakses 03 Mei 2019.

Ella Angrat Karina. 2017. “Rancang Bangun Sistem Telemetri Untuk Monitoring Sampah Pada Bak Penampung”, (Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Instrumentasi dan Otomasi Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe). Karya tidak diterbitkan.

Fandhi Nugraha K, 2015. “Tugas Sensor Ultrasonik HC-SR04”. Makalah, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Hasanuddin.

Prengki LE. Altonang., dkk. 2017. “Rancang Bangun Alat Pemilah Sampah Cerdas Otomatis”, (Tugas akhir Mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan).

Sukarjadi., dkk. 2017. “Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin Berbasis Arduino Uno Di Universitas Maarif Hasyim Latif”, (Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyrim Latif).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.