RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN SUHU DAN LEVEL PADA PROSES PENYULINGAN AIR LAUT MENJADI AIR TAWAR DENGAN METODE BOILING

Raja Mulkan Azhari, Azhar Azhar, Muhammad Kamal

Abstract


Pada sistem alat penyulingan merupakan perubahan cairan menjadi uap dan uap tersebut di dinginkan kembali menjadi cairan dengan menggunakan elemen pemanas (heaters). Perancangan alat penyulingan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat pesisir, pulau atau tempat tempat yang kekurangan air bersih. Pada perancangan alat menggunakan sensor thermocouple MAX6675 sebagai pengendali suhu pada saat proses penyulingan dan water level sensor untuk mengatur kerja pompa pada saat pengisian air laut ke tangki proses serta sensor ultrasonic untuk mengukur liter jumlah air pada tangki keluaran. Dilengkapi dengan LCD untuk menampilkan proses dan  hasil penyulingan. Suhu tertinggi dari pengujian sistem adalah 120°C. Setelah kalibrasi selisih antara nilai suhu thermometer dan thermocouple tidak jauh berbeda yaitu dengan rata rata 0,23 °C. Pada penelitian ini  dapat disimpulkan bahwa 30 Liter air laut yang di uapkan selama 180 menit menghasilkan 965 ml air tawar dan pengujian menggunakan kertas PH dengan indikator warna maka didapatkan hasil PH air laut yaitu 8,0 dan PH air setelah penyulingan yaitu 6,5. Penurunan suhu ruang sangat mempengaruhi proses penyulingan , karena jika suhu ruang terlalu dingin, proses penyulingan akan berjalan lebih lama. Berbandin terbalik dengan keadaan naiknya suhu ruang, maka proses destilasi akan berlangsung lebih cepat.

 

Kata kunci : sensor thermocouple MAX6675 heaters, sensor ultrasonic, water level sensor,  thermometer


References


Achmad Rochman Putra; Erni Yudaningtya ; dan Goegoes Dwi N. (2013). Sistem Pengendalian Suhu Pada Tungku Bakar Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy. (November), 1–6.

Firaz, T. M. F. (2015). Sistem Pengendali Suhu Pada Proses Destilasi Air Laut Tenaga Hybrid Untuk Menghasilkan Air Tawar Mengunakan Arduino. Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Neliti.Com, 1–8.

Muh said, I. (2010). Rancang bangun alat pemurni air laut menjadi air minum menggunakan sistem piramida air ( green house effect ) bagi masyarakat pulau dan pesisir di kota makassar. Sains Dan Pendidikan Fisika, 12(3), 300–310

Permadi, D., & Komaludin, D. (2018). Pemanas Listrik Induksi Low Power dengan Suplai Daya DC Berbasis Mikrokontroler. TrendTech, 3(1), 1–10.

Rosyadi, I., Caturwati, N. K., Maulana, A., Mesin, J. T., Teknik, F., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2016). Rancang Bangun Alat Destilasi Air Laut. 12(3), 431–438.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.