RANCANG BANGUN SISTEM PARKIR SECARA OTOMATIS DENGAN PENDETEKSI TANDA NOMOR KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS PENGOLAHAN CITRA

Muhammad Malikul, Muhammad Basyir, Aidi Finawan

Abstract


Abstrak Dalam pembuatan gas tentu mengalami berbagai macam proses, salah satunya adalah proses carbonate absorber. Pada proses ini terjadinya penyerapan CO2 oleh carbonate. Carbonate berfungsi untuk menyerap atau membersihkan CO2 yang terdapat di dalam gas. Setpoint pada level LIC-3501  harus dijaga agar tetap stabil, apabila mengalami kondisi high level maka controller akan memerintahkan valve untuk membuka, sedangkan pada saat mengalami kondisi low level controller akan memerintahkan valve untuk menutup. Jika sudah mencapai batas bawah hingga 15% maka level tidak akan bekerja secara optimal dan akan mengalami trip yaitu kondisi dimana sistem berhenti beroperasi. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan permodelan matematis pada plant untuk mendapatkan fungsi alih, setelah itu menggunakan sistem pengendalian PI (Proporsional plus Integral) dengan metode Shinskey. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjaga setpoint agar tetap stabil. Hasil pengujian dan analisa sistem pengendalian level diperoleh nilai Kp = 102,524 dan Ki = 29,1501 dengan SV (setpoint value) sebesar 55,4% dan PV (process variable) 55,4% maka diperoleh MV (manipulated value) sebesar 42,4%, dan dengan steady state errornya yang didapat adalah 0,000124, dengan demikian hasil penformasi yang didapat adalah stabil dan tidak terjadi lewatan maksimum.

 

Kata kunci: Carbonate absorber, Level, Shinskey


References


Dinata, I., & Kurniawan, R. (2017). Rancang Bangun Prototype Sistem Smart Parking, 4(March), 14–20.

Ikhsanuddin, R. M. (2014). Identifikasi Citra Pada Plat Nomor Kendaraan Mobil Pribadi Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor, 1–7.

Imron Muhammad Ali, Jamaaluddin, P. S. T. E. U. M. S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Parkir Mobil Otomatis Pada Gedung Bertingkat Berbasis Arduino Mega 2560. Triacs, 2(4), 9–14. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/triacs/article/view/3258

Masriadi, & Rakhmadi, F. A. (2009). RANCANGAN SISTEM PARKIR TERPADU BERBASIS SENSOR INFRA MERAH DAN MIKROKONTROLER ATMega8535. Prosiding Seminar Nasional Penelitian MIPA, 337–341.

RAHMAN OTOMATISASI PARKIR KENDARAAN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 JURUSAN FISIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) MALANG MALANG. (2008), 1–93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.