STUDI PENGENDALIAN LEVEL LIC-3501 PADA CARBONATE ABSORBER MENGGUNAKAN DCS CENTUM 3000CS DI PT PERTA ARUN GAS

Iswatun Nisa, Muhammad Kamal, Suprihardi Suprihardi

Abstract


Abstrak Dalam pembuatan gas tentu mengalami berbagai macam proses, salah satunya adalah proses carbonate absorber. Pada proses ini terjadinya penyerapan CO2 oleh carbonate. Carbonate berfungsi untuk menyerap atau membersihkan CO2 yang terdapat di dalam gas. Setpoint pada level LIC-3501  harus dijaga agar tetap stabil, apabila mengalami kondisi high level maka controller akan memerintahkan valve untuk membuka, sedangkan pada saat mengalami kondisi low level controller akan memerintahkan valve untuk menutup. Jika sudah mencapai batas bawah hingga 15% maka level tidak akan bekerja secara optimal dan akan mengalami trip yaitu kondisi dimana sistem berhenti beroperasi. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan permodelan matematis pada plant untuk mendapatkan fungsi alih, setelah itu menggunakan sistem pengendalian PI (Proporsional plus Integral) dengan metode Shinskey. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjaga setpoint agar tetap stabil. Hasil pengujian dan analisa sistem pengendalian level diperoleh nilai Kp = 102,524 dan Ki = 29,1501 dengan SV (setpoint value) sebesar 55,4% dan PV (process variable) 55,4% maka diperoleh MV (manipulated value) sebesar 42,4%, dan dengan steady state errornya yang didapat adalah 0,000124, dengan demikian hasil penformasi yang didapat adalah stabil dan tidak terjadi lewatan maksimum.

 

Kata kunci: Carbonate absorber, Level, Shinskey

 


References


Erdian, Apriliana. (2017). “Simulasi Pengendalian Level Propane Chiller Menggunakan DCS CENTUM CS3000 Di Pertamina Hulu Energi”. Karya Ilmiah Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Iswanto. (2016). “Studi Pengendalian Level Uap Pada Tangki Unit Area Menggunakan Kendali PID Aplikasi PPada PT Pupuk Iskandar Muda”. Karya Ilmiah Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Kamal, Muhammad. (2010). “Dasar Sistem Kendali” Modul Ajar Program Studi Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Katimin. (2018). “Studi Pengendalian Temperature Pada Reactor Formalin A 106 Tank Di PT Aica Mugi Indonesia Kota Langsa” Karya Ilmiah Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Nataliana, Decy. (2012). “Pengendalian Level Air Pada Sistem Drum Boiler Berbasis DCS (Distributed Control Sistem)”. Jurnal Ilmiah Mahasisiwa Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung (online)

http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/09/PENGENDALI-LEVEL-AIR-PADA-STEAM-DRUM-BOILER.pdf.

Ogata, Katsuhiko. (1997). Teknik Kontrol automatic (sistem pengaturan). Jilid I, Terjemahan Edi Laksono. Bandung : Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.