RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PENGAMAN HAMA BABI PADA PERKEBUNAN BERBASIS INTERNET OF THINGS

Muhammad Yudi Pratama, Azhar Azhar, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Abstrak Babi hutan  merupakan salah satu hama dalam bidang perkebunan khususnya peremajaan dan pembibitan, penanganan hama babi pada perkebunan bukan perkara yang mudah karena dalam menjaga kebun membutuhkan tenaga yang ekstra. Luasnya area perkebunan dan hama babi yang dapat merusak tanaman sewaktu-waktu. Menjadikan pekebun selalu berada di area kebun untuk menjaga tanamannya. Sehingga akan menghabiskan waktu dan tentunya manusia mempunyai rasa lelah. Perancangan prototype sistem pengaman hama babi pada perkebunan berbasis internet of things dilatar belakangi oleh masalah penanganan hama babi yang belum efektif dan maksimal. Tujuan yang ingin dicapai dari perancangan ini adalah sistem pengaman yang dapat dikendalikan dan dipantau dari jarak jauh menggunakan jaringan internet, ketika hama babi terdeteksi sensor PIR HC-SR501, sistem pengaman aktif otomatis berupa alarm. Buzzer sebagai penghusir babi, HVDC pada kawat pagar sebagai efek trauma ketika babi menerobos pagar sehingga babi menjahui area perkebunan, lampu LED sebagai pencahayaan pada malam hari. Notifikasi telegram sebagai media pemantauan jarak jauh, pesan terkirim berupa tulisan sensor yang mendeteksi objek bergerak. Kendali On/Off sistem pengaman dapat dilakukan dari aplikasi telegram dengan menghubungkan sistem ke jaringan internet. Solar sel sebagai daya utama keseluruhan sistem pengaman hama babi. Dengan alat ini dapat meminimalisir malasah yang menyebabkan pekebun gagal panen karena dirusak hama babi.

 

Kata Kunci : Internet of Things, Sensor PIR HC-SR501, Buzzer, Lampu LED, HVDC,Telegram, Solar sel


References


Anan Carnaen. 2015. Perkembangan Rangkaian HVDC dalam sistem elektronika.

Ayudilah. 2002. Karakteristik dan Sensitifitas Sensor PIR HC-SR501 Terhadap Perubahan Temperatur Gerak Manusia. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Abidin, Z. 2014. Sistem Keamanan Dan Monitoring Rumah Pintar Secara Online Menggunakan Perangkat Mobile. Jurnal Teknik Komputer Universitas Komputer Indonesia.

Junaidi. 2012. Inventarisasi Jenis-Jenis Mamalia di Kawasan Hutan Pendidikan dan Penelitian Biolagi (HPPB)

Kurniawan Irfan 2017. Internet Of Things : Sistem Keamanan Rumah Berbasis Raspberry Pi dan Telegram Messenger. TA. Teknik Telekomunikasi Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom

Nurhasni. 2014 Rancang Bangun Penghusir Babi Menggunakan PerangkatElektronik Gelombang Ultrasonik. TA. Teknik Elektro Unsyiah, Banda Aceh.

Nurhakim Ivan. 2014. Prototype Penghusir Hama Padi Berbasis Internet of Things (IOT). FMIPA Universitas Pakuan.

Zain, R. H. 2013. Sistem Keamanan Ruangan Menggunakan Sensor Passive Infra Red (PIR) Dilengkapi Kontrol Penerangan Pada Ruangan Berbasis ATmega8535 Dan Real Time Clock DS1307. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan

Widodo, D. Suryono,A. Tatyantoro, 2010. Pemberdayaan Energi Matahari Sebagai Energi Listrik , Jurnal Teknik Elektro


Refbacks

  • There are currently no refbacks.