MODIFIKASI SISTEM PENGENDALIAN PROSES BACK WASH BERDASARKAN SENSOR PDT PADA SIRKULASI COOLING WATER BERBASIS DCS DI PT.PUPUK ISKANDAR MUDA

faisal putra, Muhammad Kamal, Nelly Safitri

Abstract


AbstrakPada proses berjalannya sistem industri yang ada di PT.Pupuk Iskandar Muda ( PIM ) Lhokseumawe banyak menggunakan sistem aliran dari beberapa bahan baku pupuk dan gas. Proses yang berjalan terus menerus membuat peralatan dan perpiaan memiliki suhu yang tinggi (>100 0C), Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem pendinginan yang besar guna mendinginkan peralatan dan perpipaan yang ada pada proses aliran bahan baku industri tersebut. Progammable Logic Control (PLC) adalah sebuah control yang digunakan saat ini untuk proses filtrasi dan backwash pada unit utilty – II. Unit utilty – II pada PLC sering terjadi gangguan atau eror saat melakukan proses kontrolnya. Saat PLC pada unit utily eror, operator tidak dapat memantau kesalahan yang terjadi pada proses filtrasi, dikarenakan pada plc utilty tidak menampilkan proses saat kondisi normal ataupun abnormal. Oleh karena itu penilitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan modifikasi pada alat instrument yang digunakan dalam sistem control backwash pada filtrasi unit utilty – II agar dapat menggunakan Distributed Control Sisem (DCS) dan dapat dikendalikan melalui control-room dengan menggunakan software DCS Tipe Yokogawa Centum CS3000 dan menganalisa tingkat hambatan dari sistem filtrasi dan cara pengendaliannya yang dapat di monitoring secara realtime dan otomatis.

 

Kata Kunci: PLC, Backwash, Filtrasi, unit utilty – II,  DCS


References


Anike Purbawati dan Katherin Indriawati (2012). Perancangan Sistem Pengendalian Tekanan Keluaran Steam Separator Berbasis Model Predictive Control (MPC) Di PT. Pertamina Geothermal Energy Kamojang, Jawa Barat. Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Catur Pamularsih, Dera Choanji, I Nyoman Widiasa (2013). Penyisihan Kekeruhan Pada Sistem Pengolahan Air Sungai Tembalang Dengan Teknologi Rapid Sand Filter. Teknik Kimia, Fakultas Teknik.Universitas Diponerogo.

Dina Asrifah (2005). Pengolah Air Backwash Tangki Filtrasi Menggunakan Proses Koagulasi Flokulasi Dan Sedimestasi (Studi Kasus Unit Pengolahan Air Bersih Rsup Dr. Sarjito) Prodi Teknik Lingkungan, FTM, UPNVY.

Decy Nataliana, Nandang Taryana, Eqi Rifqi Farisi (2012). Pengendali Level Air Pada Steam Drum Boiler Berbasis Dcs (Distributed Control Sistem). Jurusan Teknik Elektro Konsentrasi Teknik Elektronika Institut Teknologi Nasioanal – Bandung.

Eko Lutfi Ghozali, Fitri Adi Iskandarianto, Mochamad Ilyas Hs (2013). Rancang Bangun Sistem Kontrol Level dan Pressure Steam Generator pada Simulator Mixing Process di Workshop Instrumentasi. Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri,

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Fatwa Cahyo Kusumo (2010). Perancangan Dan Realisasi Sistem Kontrol Proses Menggunakan Distributed Control System Centum Cs 3000 Melalui Jaringan. Jurusan Teknik Elektro – FTI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.