RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALI RUMAH CERDAS DENGAN INFORMASI UMPAN BALIK BERBASIS INTERNET OF THINGS

Ari Fahmi, Aidi Finawan, Muhaimin Muhaimin

Abstract


Abstrak Pada zaman sekarang teknologi sangat berkembang dan semakin maju, seperti internet of things yang merupakan tren dunia masa depan yang sangat diperlukan, dimana semua device terhubung ke internet, seperti pada sistem rumah cerdas yang dapat dikendalikan menggunakan android melalui internet dari jarak jauh asalkan terhubung dengan internet. Pelitian ini dikembangkan untuk menghasilkan metode umpan balik sesuai adanya arus pada peralatan yang terhubung ke listrik dan mengirim status pada android apabila perlatan tersebut sudah dihidupkan atau dimatikan sesuai dengan yang dideteksi oleh sensor arus. Pengujian sistem dapat bekerja dengan baik, perintah untuk menghidupkan atau mematikan peralatan listrik berjalan hanya dalam beberapa detik dan umpan balik dari sistem ke android bahwa status dalam keadaan on/off berjalan dengan baik dengan membutuhkan waktu selama 3 menit 12 detik.

 

Kata Kunci : Sensor Arus, Android, Rumah Cerdas, Internet Of Things.


References


Dayanti Iyaditya, E, 2013. Sistem Pengendali Lampu Ruangan Secara Otomatis Menggunakan PC Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurusan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika STMIK (IKMI) Cirebon.

Kho, Dickson. Pengertian Relay dan Fungsinya

Masykur, F, Prasetiyowati, F, 2016. Aplikasi Rumah Pintar (Smart Home) Pengendali Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Program Studi Teknik Informatika Univ. Muhammadiyah Ponorogo.

Panduardi, F, Haq Endi, S, 2016. Wireless Smart Home System Menggunakan Rasberry Pi Berbasis Android. Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Banyuwangi.

Putri Dian, M, Mengenal Wemos D1 Mini Dalam Dunia IOT. Ilmuti.org. Copyright 2008-2017.

Rachman, D, Noor A, M, Anindito, 2017. Sistem Pemantau & Pengendalian Rumah Cerdas Menggunakan Infrastruktur Internet Messaging. Jurnal Jurusan Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama Surabaya.

Setiawan, H, Sofwan, A, Christyono, Y, 2017. Perancangan Aplikasi Smart Home Berbasis Android Untuk Pengendalian Keamanan Rumah Dengan Menggunakan Android Studio. Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.