RANCANG BANGUN ALAT PENGEPRES SERBUK KAYU MENJADI BRIKET MENGGUNAKAN SISTEM KONTROL ELEKTRO PNEUMATIK

Devicha Zafiaanisa, Aidi Finawan, Azhar Azhar

Abstract


Abstrak Serbuk kayu gergaji merupakan limbah industri penggergajian kayu. Selama ini limbah serbuk kayu banyak menimbulkan masalah dalam penanganannya hanya di biarkan membusuk, ditumpuk dan dibakar yang dapat menimbulkan dampak negative terhadap lingkungan karena asap yang dihasilkan sangat tidak baik. Oleh karena itu serbuk kayu gergaji di olah menjadi briket yang terbuat dari beberapa bahan campuran yang di aduk bersamaan dengan serbuk dan dapat digunakan di industry. Briket di cetak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, untuk mencetak briket tersebut tentunya membutuhkan alat yang memiliki kekuatan tekanan yang kuat dan cepat, salah satunya ialah alat yang menggunakan sistem kontrol elektro pneumatik. Sistem kontrol elektro pneumatik merupakan suatu sistem yang diterapkan pada mesin press serbuk kayu, dimana mesin ini dapat mencetak serbuk kayu tersebut menjadi briket dengan memanfaatkan arduino uno sebagai pengendali. Alat pengepres serbuk kayu menjadi briket menggunakan kontrol elektro pneumatik bertujuan agar dapat mengontrol tekanan sebesar 72.5189 psi. Dari hasil pengujian didapat bahwa pengepresan serbuk kayu membutuhkan waktu rata-rata produksi briket 34.75 untuk menghasilkan satu buah briket dengan ukuran 4x4 cm.

.

Kata Kunci—  Elektro Pneumatik, Briket ,Serbuk Kayu


References


Bahtiar, YL dan Tri Fredy, HP. 2014. Mesin Pengepres Plastik Dengan Sistem Penggerak Pneumatik, Jurnal Teknik Mesin Kampus ITS, Surabaya.

Dahlan, M. 2013. Prototipe Mesin Press Otomatis Dengan Sistem Pneumatik Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) Untuk Produksi Paving Blok Berstandar Nasional Indonesia (SNI), Jurnal Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus.

Ilyas, AM. 2016. Bubur Kertas Untuk Perekat Briket Serbuk Gergaji Sebagai Sumber Energi Alternatif, Jurnal Teknik Elektro Universitas Khairun.

Kurniawan, R. 2008. Rekayasa Rancang Bangun Pemindahan Material Otomatis Dengan Sistem Elektro-Pneumatik, Jurnal Teknik Mesin Universitas Katolik, Atma Jaya.

Ndraha, N. Bahan Pembuat Briket Bioarang Tempurung Kelapa dan Serbuk Kayu Terhadap Mutu Yang Dihasilkan. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara .

Slamet, S. 2013. Karakterisasi Komposit Dari Serbuk Gergaji Kayu (Sawdust) Dengan Proses Hotpress Sebagai Bahan Baku Papan Partikel, Jurnal Teknik Mesin Universitas Muria Kudus.

Supriyadi. 2015. Proses Cetak Briket Berbahan Limbah Kolang Kaling Dengan Teknologi Tepat Guna, Jurnal Fisika, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.