RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI PAKAN TERNAK SAPI SECARA OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO

Ary Sarazy, Jamaluddin Jamaluddin, Rudi Syahputra

Abstract


Abstrak Proses pemberian pakan pada pembibitan ternak sapi juga menjadi salah satu kendala yaitu peternak harus memberikan pakan yang teratur. Pada umumnya pengusaha pembibitan ternak sapi masih memakai cara manual dalam proses pemberian pakan sapi, yaitu dengan cara membawa rumput ke tempat penampungan pakan dan mempunyai jadwal tertentu untuk memberi pakan sapi. Hal ini menyebabkan proses pemberian pakan sapi banyak menghabiskan waktu dan tenaga, maka perlu solusi untuk memberi makan secara terjadwal, dalam hal ini penulis mengangkat sebuah judul Tugas Akhir “ Rancang Bangun Pemberi Pakan Ternak Sapi Secara Otomatis Berbasis Arduino Uno” untuk dapat memudahkan tugas manusia. Dalam perancanngan ini penulis menggunakan metode perancangan yaitu dengan membuat modul pemberi pakan ternak sapi secara otomatis berbasis arduino uno dengan membuat kerangka awal, membuat program arduino, mengatur agar konveyor berjalan membawa rumput hingga ke ujung setelah itu sensor limit switch untuk mengontrol plat pendorong rumput yang jatuh ke tempat pakan sapi, dan sensor level switch untuk mengatur air pada bak penampungan minum sapi, setelah itu melakukaan pengujian modul yang telah dibuat oleh penulis sampai dengan pengambilan data yang telah dilakukan untuk mengetahui dan memperbaiki apabila terdapat suatu kesalahan. Pemberian pakan dalam sehari yaitu 2 kali. Selisih waktu pemberian pakan adalah 60 detik selama 1 hari, dan pada proses pemberian minum ternak pompa akan ON ketika keadaan air tinggal sedikit dan pompa akan OFF ketika keadaan air terisi penuh, tujuaannya agar bak penampungan minum sapi tidak kosong.

.

Kata Kunci—  Arduino Uno, Limit Switch, Sensor Level Switch, Motor DC, Motor Pompa


References


Astriani Romaria Saragih, 2016. “ Rancang Bangun Pemberi Pakan Ikan Otomatis Pada Kolam Pembenihan Ikan Berbasis Arduino” Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji, TanjungPinang.

Muhammad Winugroho (2013) “strategi pemberian pakan tambahan untuk memperbaiki efisiensi reproduksi induk sapi.”jurnal Litbang Pertanian”

Prajogo U.Hadi,dkk (2012) “problem dan prospek pengembangan usaha pembibitan sapi potong di Indonesia”Jurnal Litbang Pertanian”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.